Rabu, 03 April 2013

Metropol Parasol, struktur kayu termegah di dunia

Metropol Parasol, struktur kayu termegah di dunia


Metropol Parasol adalah bangunan kayu yang terletak di La Encarnacion square, Spanyol. Dirancang oleh arsitek Jerman Jürgen Mayer-Hermann, struktur raksasa ini dibangun menyerupai replika pohon setinggi 26 meter. 

Sebagaimana dilansir amusingplanet, melihat ukurannya yang super besar, Metropol Parasol pun diklaim sebagai struktur kayu terbesar di dunia. Bangunan ini juga dikenal sebagai Las Setas de la Encarnacion.

Metropol Parasol sebenarnya adalah struktur yang sengaja dibangun guna merevitalisasi Plaza de la Encarnacion, yang biasa digunakan sebagai tempat parkir selama bertahun-tahun. Karena dirasa masih memiliki potensi wisata yang cukup besar, maka diputuskan untuk menambahkan sebuah struktur megah yang dapat menarik banyak pengunjung.

photo by Flickr/mirsasha
Desain struktur kayu yang terdiri dari enam payung dalam bentuk jamur raksasa tersebut rupanya terinspirasi oleh kubah Katedral Seville dan pohon ficus di dekat Plaza de Cristo de Burgos. Bangunan Metropol Parasol terdiri dari pasar, toko, dan podium untuk konser dan berbagai acara. Di ruang bawah tanah, wisatawan bisa menemukan Antiquarium, sebuah museum yang menampilkan peradaban bangsa Romawi dan Moor.

Di bagian atap yang terbuka - yang dinaungi oleh payung kayu di atasnya - dirancang untuk menggelar acara-acara publik. Terdapat pula teras panorama, termasuk restoran, yang menawarkan salah satu pemandangan terbaik dari pusat kota. sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita