Kamis, 21 Februari 2013

Komponen-komponen Komputer – Komponen Utama dalam Komputer


Komponen-komponen komputer yang melekat dalam komputer personal merupakan benda penting yang bisa dikatakan sebagai nyawa dari komputer kita. Tanpa adanya salah satu dari komponen-komponen komputer berikut ini, komputer tidak akan dapat beroperasi dengan baik, malah kadang tidak dapat berfungsi sama sekali. Agar dapat menjaga komputer anda dalam kondisi baik, ada baiknya kita mengenal lebih akrab komponen-komponen komputer beserta fungsinya.

Komponen-komponen Komputer – Komponen Utama dalam Komputer

Komponen pertama yang perlu kita kenal adalah motherboard. Motherboard merupakan komponen perangkat keras atau Hardware paling penting dari seluruh komponen lain;di sinilah komponen penting lainnya terpasang, seperti hard disk, prosessor, memori, dan lainnya. Prosesor adalah bagian dari komponen komputer yang bertugas sebagai otak mesin. Ada pula RAM yang merupakan komponen yang bertugas menyimpan data sementara dari program yang tengah dijalankan. Video card dan sound card menjadi komponen-komponen komputer yang bertugas mengubah hasil olahan dalam bentuk grafik ke dalam monitor serta mengeluarkan musik melalui speaker.
Masih ada juga komponen komputer lain seperti hard disk sebagai tempat menyimpan data, optical disc drive sebagai pemutar CD, dan power supply sebagai sumber pemasok listrik. Casing berfungsi untuk melindungi dan tempat diletakkannya beberapa komponen-komponen komputer.Tak ketinggalan pula monitor, keyboard, dan mouse sebagai komponen-komponen komputer lain. Semua komponen – komponen ini adalah komponen utama yang harus ada untuk dapat menjalankan system pada CPU (Central Processing Unit) dan memberikan output dalam bentuk display di layar monitor anda.
Komponen-komponen Komputer

Komponen-komponen Komputer – Komponen Pendukung dalam Komputer

LAN Card merupakan salah satu komponen-komponen sistem komputer menghubungkan komputer anda dengan komputer lainnya. Modem dapat digunakan untuk menyambungkan komputer dengan jaringan internet. Anggota komponen-komponen komputer lain adalah USB yang familiar digunakan sebagai port penghubung berbagai gadget dengan komputer.
Printer bertugas mencetak file-file komputer yang telah diolah, sementara scanner merupakan alat untuk memindai dokumen, gambar, dan foto ke komputer dengan mudah. Ada juga speaker yang bertugas mengeluarkan bunyi yang disalurkan oleh sound card, serta bluetooth yang sering digunakan sebagai jaringan nirkabel berkoneksi terbatas saat berbagi data antar komputer maupun beberapa gadget lain.
Apa yang membedakan komponen pendukung ini dengan komponen utama? Jawabannya ada seputar tingkat urgensinya. Tanpa komponen-komponen komputer utama (walau hanya sebagian) komputer anda tidak akan berjalan sama sekali, sedangkan tanpa komponen pendukung komputer anda masih bisa berjalan secara normal.
Sebagai contohnya jika anda tidak memasang power supply maka CPU anda tidak akan bekerja sama sekali karena tidak ada aliran listrik yang masuk dan memasok energi pada setiap komponen yang ada. Sedangkan, jika anda tidak memasang LAN, komputer anda tetap akan tetap berjalan seperti biasa, hanya saja akan kehilangan kemampuannya untuk menghubungkan anda dengan internet.
Komponen-komponen komputer pendukung seringkali disamakan dengan accessories komputer. Accessories ini bukan sekedar untuk mempercantik komputer anda seperti halnya accessories lainnya, tetapi untuk mempermudah dan menyamankan kerja anda dengan komputer.
Dari segi penempatannya, sebagian besar komponen utama berada di dalam casing dan sangat rentan rusak akibat guncangan atau pasokan listrik yang tidak stabil, sedangkan komponen pendukung berada di luar CPU dan lebih tahan banting karena fungsinya sebagai komponen eksternal. Akan tetapi, apapun perbedaannya, seluruh komponen-komponen komputer baik yang utama maupun pendukung sama-sama bekerja untuk membuat komputer anda bekerja secara maksimal. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita