Sabtu, 22 Desember 2012

Tips / Cara Meningkatkan Jumlah Pengunjung dan Pageviews Blog

Sabtu, 22 Desember 2012

Tips / Cara Meningkatkan Jumlah Visitor dan Pageviews Blog
Apa itu pageviews? Pageviews merupakan jumlah halaman yang dilihat dan dibaca oleh visitor atau pengunjung blog dalam sekali kunjungan, baik itu visitor yang datang dari search engine, social bookmark maupun dari website/blog lain. Meningkatkan jumlah pageviews sangat penting untuk dilakukan, mengapa? karena dengan bertambahnya jumlah pageviews pada blog otomatis rank blog akan meningkat serta memiliki posisi SERP yang bagus pula.

Pageviews ini sebenarnya mengukur seberapa menarik atau bermanfaatnya artikel dalam sebuah blog yang dibaca oleh para visitors dan jika sebuah blog mempunyai artikel-artikel yang kurang memberikan manfaat bahkan menipu, maka para pengunjung akan meninggalkan blog tersebut dan enggan untuk mengunjunginya lagi.

Dan jika sobat bertanya lebih penting mana antara jumlah pengunjung, pageviews dan pagerank? maka saya akan menjawabnya : "semua sama pentingnya karena dari ketiga faktor di atas sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah blog". Ketiga hal tersebut di atas adalah hal-hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah blogspot karena dengan meningkatnya traffict jumlah pengunjung, otomatis jumlah pageviews akan meningkat dan begitu pula pagerank blog tersebut di mata search engine. Nah, dibawah ini adalah tips / cara meningkatkan pageviews pada blog. Silahkan sobat simak baik-baik.

1. Buat artikel yang unik dan berkualitas
    Artikel yang unik dan berkualitas akan membuat para visitor merasa apa yang telah dibacanya tidak bisa ia dapatkan di tempat lain serta dapat memberikan manfaat yang lebih dibandingkan dengan yang lain.
2. Tambah artikel secara berkala
    Blog yang mempunyai jumlah artikel yang banyak dan bervariasi akan membuat jumlah pageviews akan meningkat, hal ini dimungkinkan pengunjung akan melihat dan membaca artikel lebih daripada satu, nah untuk itu usahakan membuat 2 sampai 3 artikel setiap harinya dan jika tidak sanggup, paling tidak usahakan membuat satu artikel setiap hari, tetapi jangan membuat sebuah postingan hasil dari copy paste karena selain merugikan penulis aslinya, juga bisa merugikan sobat sendiri.
3. Manfaatkan jaringan social bookmark
    Salah satu cara meningkatkan jumlah pengunjung yakni dengan memanfaatkan jaringan social bookmarking seperti facebook, twitter, feedsburner (berlangganan via email) serta jaringan sosial lainnya dengan cara rajin menshare artikel terbaru maupun yang sudah lama pada social bookmarking tersebut dan jangan lupa untuk memasang tombol share (Add This Button) pada setiap artikel yang sobat posting, hal ini bertujuan untuk memudahkan para pengunjung membagikan artikel yang baru saja dibacanya.
4. Pasang Sidebar / Widget yang interaktif
    Artinya, gunakan fasilitas sidebar dengan cara memasang recent post, popular post dan gadget lain yang sobat anggap penting untuk visitor baca. Nah dalam hal ini saya tekankan untuk menggunakan fasilitas gadget starndard yang telah disediakan blogger karena selain enteng juga ringan pada saat halaman blog dibuka.
5. Buat artikel berseri atau bersambung
    Membuat artikel yang berseri akan membuat pageviews halaman blog akan meningkat secara derastis. Mengapa demikian? karena artikel yang bersambung akan membuat pengunjung penasaran dan ingin melihat kelanjutan dari artikel yang baru saja dibacanya.
6. Buat artikel terkait di bawah postingan
    Pada saat pengunjung selesai membaca artikel yang dibacanya, bisa saja tanpa sengaja bisa melihat postingan-postingan lain yang berkaitan dengan artikel yang baru saja ia baca dan tertarik untuk melihat isi daripada artikel terkait tersebut.
7. Buat sebuah daftar isi
    Daftar isi dari sebuah blog akan mempermudah para pengunjung menemukan berbagai macam artikel yang tidak ia dapatkan pada sidebar atau related post.
8. Gunakan judul yang menarik dan membuat penasaran
    Judul yang menarik dan mengandung unsur yang membuat penasaran visitor bisa menarik minat pengunjung untuk membuka dan membaca artikel tersebut.
9. Buat blog ringan pada saat dibuka
    Blog yang ringan dan tidak memakan waktu loading yang lama akan membuat visitor betah. Dari beberapa kasus yang pernah saya dapati, blog yang mempunyai load time / berat akan membuat visitor malas untuk membuka artikel lain dan yang lebih parahnya lagi, halaman yang dibukanya belum terbuka secara sempurna, pengunjung akan langsung menutup browsernya tanpa melihat isi artikel tersebut.
10. Pasang internal linking pada setiap postingan
    Tawarkan kepada pengunjung dengan memperbanyak internal link yang merujuk pada postingan lain. Selain daripada itu, internal link juga merupaka salah satu langkah untuk SEO blog.
11. Blog walking
    Selain untuk bersilaturahmi, blogwalking juga bisa meningkatkan jumlah visitor dengan cara meninggalkan komentar terhadap blog yang dikunjungi.
Itulah beberapa tips untuk meningkatkan pageviews beserta visitor pada blog, jika sobat ingin menambahkan tips-tips yang lain, silahakan memberikan komentarnya...!!! Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih...!!! (Sumber)

2 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita