MAZON kini berstatus sebagai toko online terbesar di dunia. Pendirinya
bernama Jeff Bezos yang saat ini adalah salah satu orang terkaya di
jagat teknologi.
Tidak hanya berjualan, Amazon juga sukses menjadi produsen bisnis
hardware. Produk mereka seperti pembaca buku digital Kindle dan tablet
PC Kindle Fire sukses di pasaran.
Berikut beberapa kiat ala Jeff Bezos yang mungkin bisa dijadikan
inspirasi sukses, terutama di bidang bisnis, seperti dikutip detikINET
dari berbagai sumber.
1. Beraksi & Ambil Risiko
Jeff Bezos mengaku tidak pernah ragu untuk melakukan aksi, tidak
sekadar berbicara. Bahkan jikalau apa yang ditempuhnya belum tentu
berhasil, ia tetap mau mencoba dan mengambil risiko.
"Jika Anda memutuskan bahwa hanya akan melakukan hal-hal yang yang Anda
tahu akan berhasil saja, Anda akan meninggalkan begitu banyak
kesempatan," kata Jeff suatu ketika.
Pada tahun 1994, Jeff punya ide untuk mendirikan toko online. Dia
sempat ragu apakah akan tetap mempertahankan pekerjaannya yang bagus
atau total membangun Amazon. Ia memilih yang kedua dan akhirnya sukses.
Bezos pun mengaku mendorong karyawannya untuk terus beraksi. Terkadang
mereka gagal menghasilkan produk yang sukses untuk Amazon, namun Bezos
bisa menoleransinya.
"Kami mau untuk melakukan perjalanan di kegelapan dan terkadang kami
menemukan sesuatu yang benar-benar bekerja," kata dia mengibaratkan.
2. Meminimalisir Penyesalan
Bezos tidak segan untuk bertindak karena dia tidak ingin menyesal di
masa depan. Memang mendirikan sebuah bisnis dari nol adalah perjudian.
Namun meskipun pada akhirnya gagal, ia berprinsip setidaknya sudah
mencoba.
"Aku tahu jika gagal, aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui
satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba,"
kata pria berkepala pelontos itu.
3. Promosi dari Mulut ke Mulut
Salah satu kunci sukses Bezos dalam berjualan adalah promosi dari mulut
ke mulut. Ketika dia mulai membangun Amazon, Bezos tidak punya banyak
anggaran untuk melakukan promosi.
Ia menilai satu-satunya cara untuk sukses adalah melakukan pelayanan
sebaik mungkin. Sehingga konsumen dengan sendirinya melakukan promosi
dari mulut ke mulut yang menguntungkan Amazon.
"Jika Anda membangun pengalaman yang mengesankan bagi konsumen, mereka
akan berkata satu dengan yang lain soal itu. Hal itu sangatlah
powerfull," tutur Bezos.
4. Utamakan Konsumen
Dalam berjualan, tidak ada yang lebih penting dari konsumen. Karena
tanpa konsumen, perusahaan akan kolaps. Prinsip ini benar-benar
diterapkan oleh Bezos.
"Satu hal yang paling penting adalah fokus secara obsesif terhadap
konsumen. Tujuan kami adalah menjadi perusahaan di bumi yang paling
terpusat pada konsumen," sebutnya.
Bezos meyakini faktor utama kesuksesan Amazon adalah karena mereka
berusaha memberi pelayanan terbaik bagi konsumen. Itu alasan mereka
lebih baik dari kompetitornya.
"Jika ada satu alasan kami melakukan dengan lebih baik dari rekan kami
di internet dalam 6 tahun terakhir, itu karena kami berfokus pada
konsumen seperti sebuah sinar laser," katanya mengibaratkan.
5. Terus Berinovasi
"Yang berbahaya adalah tidak berkembang," tutur Bezos suatu ketika.
Tampak bahwa dia tidak ingin hanya mandek, namun terus melakukan
invovasi terhadap Amazon.
Amazon awalnya hanya menjual buku. Namun kini perusahaan tersebut
menjual banyak hal. Bahkan sukses juga memproduksi gadget seperti Amazon
Kindle Fire, tablet PC berharga murah yang laris manis.
6. Keras Kepala
"Hal tentang menemukan sesuatu adalah Anda secara bersamaan harus keras
kepala dan juga fleksibel," kata Bezos. Untuk berhasil atau menemukan
sesuatu, kedua hal tersebut menurut bezos sangat diperlukan.
"Jika Anda tidak keras kepala, Anda akan menyerah terlalu cepat. Dan
jika Anda tidak fleksibel, Anda tidak akan melihat solusi berbeda suatu
masalah yang sedang Anda coba selesaikan," jelasnya
7. Meniru
Bezos mengaku tidak malu atau anti untuk meniru hal-hal baik yang
dilakukan oleh para kompetitornya. Kemudian menerapkannya di Amazon
untuk menjadi lebih baik lagi.
"Kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat
hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal
tersebut sebanyak kami bisa," kata dia.
8. Bekerja Keras
Untuk mencapai sesuatu yang baik dan keberhasilan, memang diperlukan
kerja keras. Hal itu juga diyakini benar oleh Jeff Bezos. Ia mendorong
orang-orang untuk melakukan sesuatu yang besar dan membuat sejarah.
Sampai sekarang pun Bezos masih terus bekerja keras untuk mengembangkan
bisnis Amazon yang sebenarnya sudah meggurita. Ia pernah mengatakan
bahwa bisnis internet masih berada di tahap awal.
"Bekerja keraslah, have fun, dan buatlah sejarah," sarannya. | sumber: detik.com
sudah saya follow sob