Minggu, 06 Januari 2013

Hasil Eksperimen Google Plus One Club


Hasil Eksperimen Google Plus One Club baru bisa saya umumkan hari ini. Soalnya setelah liburan agak lama pekerjaan menumpuk. Jadi baru hari libur ini ada waktu untuk mengetik hasilnya. Secara garis besar eksperimen ini memang memperlihatkan hasil yang positif, tapi dari segi partisipasi pesertanya masih negatif.

Sebelumnya saya telah melempar undangan untuk teman-teman blogger yang mengunjungi blog ini untuk berpartisipasi dalam sebuah eksperimen Google Plus. Eksperimen ini sendiri mencoba membuktikan klaim dari Rand Fishkin - SEOMOZ, bahwa google plus mempunyai nilai SEO tersendiri. Dan itu dibuktikannya melalui eksperimen serupa yang saya lakukan ini.
Sebelum mengumumkan hasilnya saya mau menjelaskan dulu bagaimana eksperimen ini diadakan. Saya membuat undangan di link ini, untuk menjelaskan bagaimana eksperimen ini akan dijalankan kepada semua peserta yang sudah mendaftar. Secara singkat penjelasannya adalah sebagai berikut:
  • Eksperimen ini akan mengoptimisasi sebuah halaman dari http://www.texascooking.com/ yang mana bukan milik saya tentunya. Halaman ini adalah milik seorang wanita bernama Patricia Mitchell dari Amerika.
  • Setiap peserta eksperimen harus mengetik kata kunci "how to make a delicious fried chicken" di Google dan mencari hasil pencarian yang berasal dari texas cooking
  • Setiap peserta setidaknya harus membuka halaman itu selama 2 menit, sebelum kembali ke Google dan mengklik BAGIKAN, dan eksperimen pun selesai untuk peserta tersebut....
Apakah eksperimen ini berjalan lancar? Sama sekali tidak. Semula saya mengharapkan ada 300 peserta yang bersedia terlibat.... tapi ternyata sampai 15 Desember cuma 49 orang saja yang mendaftar. Jadi saya terpaksa mengirim undangan ke 118 orang yang menjadi follower akun Google Plus saya. 118 follower ini tentu saja campuran antara yang bersedia dan yang sekedar follow saja tanpa menyatakan ingin ikut eksperimen....
Saya kemudian berniat mengirim undangan ke semuanya, tapi baru pada orang ke 79. Saya mendapat surat teguran dari Google, karena ternyata undangan saya yang melalui komentar status dianggap melanggar pedoman google plus untuk komentar spam. Jadi saya biarkan saja undangannya hanya sampai ke 79 orang.... Ternyata dari 79 orang yang saya undang..... Hanya 23 yang mengikuti proses eksperimen ini..... Benar-benar sedikit.... Kalau tidak percaya, silahkan dihitung sendiri berapa yang merespon di link ini
Oh iya, kalau ada yang mau lihat surat teguran ke akun email Google saya, ada saya lampirkan di bawah ini:



Tapi berhubung eksperimen ini terlanjur jalan, dan nasi sudah terlanjur jadi bubur, ya sekalian kita jadikan bubur ayam saja. Jadi saya tetap saja melihat bagaimana hasil eksperimen ini dengan 23 peserta aktif.Kondisi mula-mula dari eksperimen ini adalah.... Texas Cooking berada pada peringkat 14 untuk pencarian di Google.com (Amerika) dalam keadaan login di akun Google saya....

kondisi awal eksperimen plus one Google

Bisa dilihat, bahwa halaman pencarian di atas ada di halaman 2, dan halaman yang ingin diujicobakan ada pada peringkat ke 4 pada halaman 2 tersebut. Itu berarti halaman ini menduduki peringkat 14. Setelah mengadakan eksperimen dari tanggal 15 Desember sampai 29 Desember 2012, maka tiba waktunya melihat hasillnya.... Otomatis cookie harus saya bersihkan dulu. Ternyata hasilnya adalah sebagai berikut:

UNTUK PENCARIAN DI GOOGLE.COM (AMERIKA)

Dengan login ke akun Google, saya mendapatkan hasil sebagai berikut....

hasil percobaan Google plus dengan login

Jelas sekali, walaupun cookie sudah dibersihkan Google masih bisa melacak sejarah kunjungan saya di halaman ini. Dengan demikian halaman ini masuk ke halaman pertama dengan posisi ke 8. Itu berarti jika saya login, maka halaman texas cooking ini akan mengalami kenaikan posisi sebanyak 6 peringkat.

Lalu bagaimana jika saya tidak login?

Ternyata hasilnya sesuai dugaan, tentu saja tidak sebagus saat login.... Apabila saya mengakses kata kunci ini tanpa login dan tanpa cookie, ternyata halaman texas cooking menempati peringkat ke sebelas....

hasil percobaan Google plus tanpa login

Itu berarti dalam kondisi tidak login, halaman ini mengalami kenaikan posisi sebesar 3 peringkat....
Apakah itu berarti eksperimen ini mengecewakan saya? Sama sekali tidak. Kita harus ingat bahwa ini adalah hasil yang diperoleh hanya dengan 23 kali BAGIKAN.... sebuah angka yang sangat jauh dari rencana saya semula yaitu 300 kali BAGIKAN. Seandainya konsep eksperimen ini bisa berjalan sesuai rencana, rasanya hasilnya akan cukup signifikan, dan bukan cuma naik 3 peringkat saja.
Kesimpulan dari eksperimen ini adalah, Google plus memang mempunyai nilai plus sebagai Social Network. Sayangnya tingkat kepercayaan antara blogger di Indonesia masih sangat minim. Banyak yang tidak percaya dengan motifasi saya mengadakan eksperimen ini. Bahkan yang menghina juga ada seperti gambar di bawah ini....

surat peringatan dari Google Plus

Sebenarnya niat awal saya cuma mau menjadikan blog saya ini sebagai wadah untuk mempertemukan orang-orang yang ingin mengoptimisasi blognya untuk saling bantu. Berhubung pengunjung blog saya ini mencapai ribuan pengunjung setiap hari, maka ada niat untuk membuat semuanya saling bantu dan saling support. Suatu hal yang sebenarnya sulit dilakukan blog-blog yang pengunjungnya masih minim....
Saya tidak mungkin menggunakan metode ini untuk memperalat teman-teman blogger, karena faktanya bisa dilihat bahwa yang mendaftar ikut program ini paling hanya 2 orang saja setiap harinya. Sedangkan yang menjadi follower akun Google Plus bisa sekitar 5-15 orang per harinya. Jadi ada atau tidak eksperimen ini follower saya masih bertambah....
Di sisi lain saya sendiri juga menjadi ragu melanjutkan eksperimen ini. Alasannya ya itu tadi. Dari 79 orang yang saya hubungi,....cuma 23 yang aktif memenuhi undangan saya. Dengan kata lain, seandainya eksperimen ini benar-benar sudah berjalan, maka 56 peserta akan menunggangi 23 peserta. Tingkat ketidakaktifan terlalu besar. Jadi saya kuatir jauh lebih banyak yang opportunis daripada yang serius mengikuti eksperimen ini.....
Jadi sangat disayangkan, seandainya saja eksperimen ini benar-benar bisa berjalan, maka target saya di bulan Juni 2013, semuanya teman-teman blogger yang aktif bertandang ke sini sudah punya 1000 follower dan 1000 kali BAGIKAN.

Tentunya hal itu akan menjadi sesuatu yang sangat positif untuk SEO teman-teman blogger sekalian .... Belum lagi untuk nilai akun Google author rank yang saat ini semakin hangat dibicarakan di negara lain ... Menurut saya, semuanya itu akan sangat membantu peringkat artikel-artikel kita nantinya.... (-_-)" (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita