Kumpulkan sekelompok orang bersama-sama dalam sebuah proyek. Kemudian
biarkan dalam beberapa waktu. Mereka akan saling membentuk ikatan
seperti teman atau musuh, Tak sedikit pula yang kemudian berpacaran.
Faktanya, survei pada tahun 2011 menemukan bahwa 39 persen karyawan
mengaku mereka berpacaran dengan rekan kerja. Bahkan sekitar 30 persen
dari mereka telah menikah dengan rekan kerja.
Namun, berpacaran dengan teman sekantor tentu memiliki sisi baik dan
buruk. Jika kalian berencana berpacaran dengan teman sekantor, sebaiknya
perhatikan beberapa poin, seperti dilansir oleh Care2 berikut ini.
Sisi positif
Sebagian besar waktu dalam sehari biasanya dihabiskan di tempat
kerja. Survei mengungkap bahwa rata-rata seseorang menghabiskan 90.000
jam untuk bekerja selama hidup mereka. Selama hubungan romantis tak
mengganggu pekerjaan, menjalin hubungan dengan rekan kerja bisa jadi
langkah yang baik. Kalian bisa bertemu setiap hari dan menghabiskan
waktu bersama di sela-sela kerja.
Sisi negatif
Meski ada pasangan rekan kerja yang berhasil menikah, namun ada juga
pasangan yang tak berhasil menjalin hubungan romantis dengan rekan kerja
mereka. Ada banyak penyebab mulai dari rasa sakit, cemburu,
pertengkaran di depan publik, pekerjaan yang justru menghalangi hubungan
romantis, sampai saling jegal masalah pekerjaan. Jika masalah terjadi,
kalian tak akan bisa mengelak dengan mudah. Biasanya pertengkaran dengan
pasangan yang ada di kantor akan menyebabkan suasana yang buruk dengan
rekan kerja yang lain. Jadi sebaiknya pikirkan dulu risiko yang bisa
terjadi ketika hubungan kalian tak berhasil.
Fakta mengejutkan
Penelitian menemukan bahwa 15 persen wanita pernah tidur dengan
atasan mereka, dan 37 persen berhasil naik jabatan karena hal itu.
Tentunya hal ini bukan hal yang jarang terjadi. Faktanya atasan
terkadang memiliki standar ganda ketika menilai karyawan di bawahnya,
terutama jika salah satunya memiliki hubungan yang spesial dengannya.
Perhatikan hal ini!
Sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan romantis dengan rekan kerja, sebaiknya perhatikan beberapa hal ini terlebih dahulu:
1. Ketahui peraturan perusahaan mengenai menjalin hubungan romantis
dengan sesama karyawan. Dipecat hanya karena berpacaran dengan rekan
kerja tentu bukan hal yang 'lucu'.
2. Jangan bermesraan (atau bertengkar) di depan karyawan lain, meski perusahaan kalian tak melarang sesama karyawan berpacaran.
3. Jangan biarkan hubungan romantis yang kalian jalin mengganggu
pekerjaan. Pastikan pekerjaan kalian tetap selesai dengan baik sehingga
rekan kerja lain tak protes dan menyalahkan hubungan romantis yang
kalian lakukan.
4. Jangan berlebihan. Ini untuk berjaga-jaga ketika hubungan tak
berhasil. Hubungan yang sudah meletup-letup sejak awal kebanyakan akan
berakhir dengan drama yang berlebihan. Ini juga tak baik untuk suasana
bekerja.
5. Jangan lakukan apapun yang berhubungan dengan hal-hal seksual di
kantor. Ini tidak pantas dilakukan dan kalian bisa terkena masalah
serius jika ada rekan kerja atau atasan yang mengetahuinya.
Itulah beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memutuskan
menjalin hubungan romantis dengan teman sekantor. Berpacaran dengan
rekan kerja bisa berlangsung dengan aman dan bahkan berakhir di
pernikahan jika kalian bisa mengaturnya dengan baik. Sebaliknya, bisa
juga mengancam pekerjaan dan nama baik kalian jika tak berhati-hati
ketika berpacaran dengan teman kerja.
sumber : http://www.merdeka.com/gaya/pacaran-dengan-teman-sekantor-perhatikan-hal-ini-dulu.html