Marketing.co.id
– Apakah kesuksesan itu? Ketika pertanyaan ini dilontarkan kepada para
pengusaha, biasanya jawabannya berbeda-beda. Ada yang mengartikan sukses
itu bisa mencapai kemandiriian dalam bisnis, atau mampu menghasilkan
uang banyak, dan lain sebagainya.
Meraih kesuksesan memang tidak ada rumus
yang pasti. Namun, tetap diperlukan indikator-indikator menuju
kesuksesan agar bisnis lebih terarah. Berikut tiga indikator agar bisnis
Anda meraih kesuksesan:
1. Harus bisa mencapai titik impas
Titik impas (break even point) adalah sebuah titik di mana
biaya atau pengeluaran dan pendapatan seimbang, sehingga tidak terdapat
kerugian atau keuntungan dalam suatu bisnis. Seorang pengusaha harus
bisa menghitung bagian terpeting dari data titik impas, karena ini
adalah level pertama menuju keberhasilan.
Sederhananya titik impas menunjukkan tingkat penjualan dalam volume
unit untuk mengimbangi semua biaya tetap. Biaya tetap adalah pengeluaran
yang tidak dipengaruhi oleh biaya sewa atau biaya pinjaman dalam
melakukan bisnis.
Banyak yang percaya bahwa penjualan yang tinggi secara otomatis akan
menghasilkan keuntungan yang tinggi. Tapi perlu diingat keuntungan hanya
datang setelah Anda telah melalui break even point.2. Mampu memberikan upah yang layak pada karyawan
Pada tahap ini Anda sudah menyediakan upah yang layak bagai karyawan dan mulai menarik pendapatan walaupun hanya sebatas mencukupi kebutuhan internal bisnis Anda.
Memang dalam tahap ini belum menunjukkan kemampuan untuk menghasilkan laba dan investasi. Kebanyakan bisnis kecil hanya sampai indikator ini, penghasilan yang didapat hanya cukup untuk menghasilkan upah yang layak saja.
3. Sudah menghasilkan laba yang nyata
Pebisnis yang mencapai indikator ini berarti sudah mampu memberikan keuntungan yang nyata dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan hasil tersebut Anda bisa berinvestasi dalam berbagai bisnis yang lain, sehingga bisnis Anda terus berkembang. (Powerhomebiz/ HN) (Sumber)
0 komentar:
Posting Komentar