Tonnscompsell, Anda kerap diganggu pertanyaan, "kapan ya aku
naik jabatan?", sementara rekan-rekan kerja Anda yang lain sepertinya
begitu mudah merintis karir. Apakah ada yang salah dengan perfoma kerja
Anda selama ini? Bisa jadi, kompetensi Anda memang tengah dipertanyakan
oleh perusahaan.
Inilah saatnya Anda melakukan evaluasi diri. Ada yang harus dibenahi
dari kinerja Anda. Sebagai seorang atasan maupun pekerja, mulailah
bertindak bijaksana dengan berpikir lebih kritis, namun tetap mampu
memberikan solusi terbaik bagi perusahaan. Sangat disayangkan jika
seorang atasan, lebih sering menyalahkan orang lain atau faktor lain
atas ketidakberhasilan timnya.
Seorang calon pemimpin yang baik adalah seseorang yang berani
menerima kritikan dan bersedia memperbaikinya. Ia bersedia terbuka pada
semua saran dan masukan yang ditujukan padanya. Apalagi di era
demokratisasi, selain kontribusi, perlu adanya ruang bagi pekerja untuk
berpartisipasi memberikan masukan.
Seringkali kita jumpai dalam sebuah perusahaan, ada seorang pekerja
yang terkesan ingin menonjol, dan cenderung menarik diri dan tidak mau
menjadi bagian dari tim yang solid. Hal ini tentu saja bisa menjadi
penghambat bagi pekerjaan atau proyek yang tengah ditangani.
Bahkan, keputusan dari atasan bertipe "one man show" ini terkadang
dilakukan sepihak. Pada akhirnya, suara dan pendapat di rapat pun tak
lagi punya arti, karena eksekusi di lapangan tetap berdasarkan
keinginannya sepihak, tanpa mempertimbangkan keinginan tim yang bekerja
bersamanya.
Sebuah kesuksesan tak akan pernah bisa diraih, jika sebuah tim tidak
bekerja solid, dan terkesan sendiri-sendiri. Sukses seorang atasan tak
lepas dari peran anak buahnya. Ia harus bisa mengakomodir kebutuhan anak
buahnya untuk mengaktualisasi diri. Intinya, tolok ukur keberhasilan
seorang manajer adalah saat ia berhasil menyemangati anak buahnya untuk
berprestasi.
Untuk meraih posisi jabatan yang dikehendaki, itu berarti Anda juga
harus siap dengan tanggungjawab dan tekanan yang besar di sekeliling
Anda. Apakah Anda telah siap untuk menghadapi stress sebagai efek dari
tekanan yang muncul tersebut?. Ketahanan Anda dalam me-manage stress
akan tercermin saat Anda bekerja di dalam tim.
Dan, tidak dipungkiri, penampilan sangat berpengaruh pula dalam karir
seseorang. Tak berarti harus tampil maksimal secara lahiriah, namun
tahu dengan tepat untuk tampil sebaik mungkin sesuai dengan posisi dan
pekerjaan yang dijalaninya.
Penampilan yang smart dan profesional, akan membuat Anda terlihat
meyakinkan dan dihargai. Namun, penampilan yang baik pun jika tak
diimbangi dengan kecerdasan personal dan emosional serta kemampuan
teknis di atas rata-rata tak akan memberi pengaruh bagi perkembangan
masa depan Anda kelak. (Sumber)
0 komentar:
Posting Komentar