Minggu, 30 Desember 2012

Saatnya Evaluasi Diri Demi Karir



image
Tonnscompsell, Anda kerap diganggu pertanyaan, "kapan ya aku naik jabatan?", sementara rekan-rekan kerja Anda yang lain sepertinya begitu mudah merintis karir. Apakah ada yang salah dengan perfoma kerja Anda selama ini? Bisa jadi, kompetensi Anda memang tengah dipertanyakan oleh perusahaan.
Inilah saatnya Anda melakukan evaluasi diri. Ada yang harus dibenahi dari kinerja Anda. Sebagai seorang atasan maupun pekerja, mulailah bertindak bijaksana dengan berpikir lebih kritis, namun tetap mampu memberikan solusi terbaik bagi perusahaan. Sangat disayangkan jika seorang atasan, lebih sering menyalahkan orang lain atau faktor lain atas ketidakberhasilan timnya.
Seorang calon pemimpin yang baik adalah seseorang yang berani menerima kritikan dan bersedia memperbaikinya. Ia bersedia terbuka pada semua saran dan masukan yang ditujukan padanya. Apalagi di era demokratisasi, selain kontribusi, perlu adanya ruang bagi pekerja untuk berpartisipasi memberikan masukan.

Seringkali kita jumpai dalam sebuah perusahaan, ada seorang pekerja yang terkesan ingin menonjol, dan cenderung menarik diri dan tidak mau menjadi bagian dari tim yang solid. Hal ini tentu saja bisa menjadi penghambat bagi pekerjaan atau proyek yang tengah ditangani.
Bahkan, keputusan dari atasan bertipe "one man show" ini terkadang dilakukan sepihak. Pada akhirnya, suara dan pendapat di rapat pun tak lagi punya arti, karena eksekusi di lapangan tetap berdasarkan keinginannya sepihak, tanpa mempertimbangkan keinginan tim yang bekerja bersamanya.
Sebuah kesuksesan tak akan pernah bisa diraih, jika sebuah tim tidak bekerja solid, dan terkesan sendiri-sendiri. Sukses seorang atasan tak lepas dari peran anak buahnya. Ia harus bisa mengakomodir kebutuhan anak buahnya untuk mengaktualisasi diri. Intinya, tolok ukur keberhasilan seorang manajer adalah saat ia berhasil menyemangati anak buahnya untuk berprestasi.
Untuk meraih posisi jabatan yang dikehendaki, itu berarti Anda juga harus siap dengan tanggungjawab dan tekanan yang besar di sekeliling Anda. Apakah Anda telah siap untuk menghadapi stress sebagai efek dari tekanan yang muncul tersebut?. Ketahanan Anda dalam me-manage stress akan tercermin saat Anda bekerja di dalam tim.
Dan, tidak dipungkiri, penampilan sangat berpengaruh pula dalam karir seseorang. Tak berarti harus tampil maksimal secara lahiriah, namun tahu dengan tepat untuk tampil sebaik mungkin sesuai dengan posisi dan pekerjaan yang dijalaninya.
Penampilan yang smart dan profesional, akan membuat Anda terlihat meyakinkan dan dihargai. Namun, penampilan yang baik pun jika tak diimbangi dengan kecerdasan personal dan emosional serta kemampuan teknis di atas rata-rata tak akan memberi pengaruh bagi perkembangan masa depan Anda kelak. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita