Senin, 25 Februari 2013

Wah, Alpukat Bisa Kurangi Risiko Stroke & Diabetes!


Ada kabar bagus untuk Anda yang doyan konsumsi buah alpukat! Selain memiliki rasa yang enak, buah berwarna hijau ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita.
alpukat
Menurut penelitian terbaru, konsumsi alpukat ternyata mampu meningkatkan kualitas pola makan dan tingkat asupan nutrisi, mengurangi asupan gula tambahan, menurunkan berat badan, BMI, dan lingkar pinggang. Alpukat juga kaya akan asam lemak baik dan mampu menurunkan risiko sindrom metabolik.
Secara khusus, data survei dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) 2001-2008, yang melibatkan 17.567 orang dewasa AS berusia lebih dari 19 tahun, mengungkapkan bahwa 347 orang dewasa (50 persen wanita) yang mengonsumsi alpukat dalam jumlah berapa pun selama 24 jam memiliki tingkat gizi yang lebih baik dan indikator kesehatan yang lebih positif dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.
Para pemakan alpukat juga memiliki asupan nutrisi penting tertentu yang lebih tinggi, termasuk 36 persen makanan berserat, 23 persen vitamin E, 13 persen magnesium, 16 persen kalium, dan 48 persen vitamin K.
Selain itu, para pemakan alpukat juga memiliki asupan lemak sehat lebih tinggi (18 persen lemak tak jenuh tunggal dan 12 persen lemak tak jenuh ganda) dan lemak total (11 persen lebih) ketimbang non-pemakan alpukat, meski asupan kalori rata-rata kedua kelompok tersebut adalah sama.
Studi ini menemukan bahwa para pemakan alpukat memiliki rasio 50 persen lebih rendah untuk terkena sindrom metabolik dibandingkan non-pemakan alpukat. Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor risiko yang ketika terjadi bersama-sama sehingga meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, stroke, dan diabetes tipe-2.
Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam Journal Nutrition. (jay) (SUmber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita