Jumat, 26 April 2013

Ini Caranya Biar Perut Tidak Kram saat Latihan

Ketika Anda mengalami kram perut setelah latihan, maka Anda harus waspada dan mencari penyebabnya. Kram perut bukanlah hal yang sepele. Selain munculnya rasa sakit yang luar biasa, kram perut juga membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.
Ini-Caranya-Biar-Perut-Tidak-Kram-saat-Latihan
Dengan mengetahui penyebab kram perut, akan membantu Anda mencari perawatan yang tepat untuk mengatasi kondisi tersebut.

Penyebab Kram Perut Setelah Latihan

Ketika seseorang mengalami rasa tertusuk atau kram perut, berarti ada masalah di wilayah dinding perut. Selain itu, rasa tidak nyaman atau kram setelah berlari dan olahraga juga bisa terjadi di sistem pencernaan.
Hal ini terjadi karena bagian tubuh tersebut kekurangan oksigen yang juga mengakibatkan napas menjadi lebih pendek ketika berolahraga.
Penyebab umum kram perut lainnya adalah dehidrasi. Selama berolahraga, tubuh kehilangan sejumlah besar air dalam bentuk keringat. Inilah yang menyebabkan air dalam tubuh berkurang, terutama di daerah perut. Oleh karena itu, minumlah beberapa gelas air secara berkala sebelum, selama, dan setelah berlatih. Tetapi jangan minum terlalu banyak sebelum latihan, karena ini juga memicu kram perut.
Berikut beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kram perut saat berlari atau berolahraga.
Tubuh Kekurangan Oksigen
Kram perut biasa terjadi jika pasokan oksigen ke dalam tubuh berkurang, sehingga rasa sakit yang muncul merupakan efek langsung dari ritme napas yang berat dan intens karena kekurangan oksigen. Sakit ini biasanya terjadi pada dinding otot perut dan menjalar ke tempat lain seperti pinggang dan ulu hati. Menguasai teknik bernapas yang benar saat berlari adalah cara efektif untuk mencegah terjadinya kram perut.
Gangguan Pada Usus Besar atau Kandung Kemih
Kram perut juga dapat terjadi jika organ-oragan tubuh tertentu seperti usus besar, kandung kemih, atau otot panggul mengalami gangguan kesehatan. Jika Anda mengalami hal ini maka berlarilah lebih pelan dan jangan terlalu keras saat mendaratkan kaki Anda. Kuasai teknik berlari yang tepat. Dan segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.
Buru-Buru Latihan Setelah Makan
Sistem pencernaan setidaknya membutuhkan waktu 1 jam untuk mencerna makanan dengan baik. Selama rentang waktu tersebut aktivitas berat seperti berolahraga dan berlari memang tidak dianjurkan. Jika buru-buru latihan setelah makan maka risiko terjadinya kram perut semakin besar.

Penanganan Kram Perut Saat Latihan

Cara termudah meredakan rasa sakit adalah dengan menghentikan aktivitas fisik yang Anda lakukan, dan menggosok atau memijat daerah yang sakit dengan lembut. Atur pola pernafasan Anda, pelajari juga latihan pernafasan untuk mengatasi rasa sakit akibat kram ini. Selain meningkatkan pasokan oksigen ke daerah perut Anda, olah pernapasan ini juga akan mengurangi rasa sakit secara signifikan.
Jika Anda sudah terlalu sering mengalami kram perut, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih rinci agar masalah kram ini terobati dengan baik. Tetapi jangan panik ketika Anda merasakan kram perut yang luar biasa sakitnya setelah berlari. Ini adalah masalah yang dialami banyak orang. Terkadang rasa sakit tersebut cepat datang dan juga cepat hilang.
Pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum berlatih, agar otot-otot tubuh Anda siap menerima tekanan dan tantangan saat latihan. Selamat berlatih! SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita