Senin, 26 Agustus 2013

Inilah Warisan Kebudayaan Indonesia yang Diakui Oleh Dunia

Tak ada yang meragukan kekayaan Indonesia. Mulai dari suku bangsanya, bahasa, peninggalan bersejarah, budaya, obyek wisata penuh edukasi dan legenda, semuanya bercampur menjadi satu sehingga menampakkan sebuah siluet kemegahan dan kekayaan negeri ini. Lantas? Apalagi yang perlu kita ragukan dari bangsa ini? Jika memang seluruh poin yang telah disebutkan tadi belum juga mampu membuka mata anak bangsa akan kekayaan negeri ini, maka semoga saja segelintir cerita mengenai kebudayaan tak nampak (intangible) berikut ini dapat lebih memperteguh nasionalisme anak bangsa terhadap negeri ini. Sebab beberapa kebudayaan tak nampak berikut ini, bahkan telah diakui oleh UNESCO sebagai bagian dari World Heritage of Intangible Culture. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Wayang

Foto Wayang Oleh Unik SegiEmpat
Inilah salah satu seni tradisional ternama yang dimiliki oleh Indonesia. Seni ini banyak berkembang di beberapa daerah di pulau Jawa dan Bali. Seni wayang bahkan telah dikenal sejak zaman Wali Songo. Beberapa anggota Wali Songo seperti Sunan Kalijaga dan Raden Patah merupakan orang-orang yang sangat berjasa dalam mengembangkan seni wayang. Para anggota Wali Songo bahkan telah membagi seni wayang menjadi tiga bagian yang terdiri dari Wayang Wong (Wayang Orang) yang berkembang di Jawa Tengah, Wayang Golek yang berkembang di Jawa Barat serta Wayang Kulit yang berkembang di daerah Jawa Timur.
UNESCO mengakui pertunjukan wayang sebagai suatu kebudayaan yang mengagumkan pada tanggal 7 November 2003. Wayang dianggap sebagai suatu seni yang indah sebab memiliki sebuah cerita narasi yang menakjubkan. Keindahannya pun membuat UNESCO mengakuinya sebagai Masterpiece of Oral and Intangible of Humanity. Kini, wayang tak hanya dapat dinikmati dalam pertunjukan saja, namun juga dapat dinikmati menggunakan kecanggihan komputer yang mengubahkan menjadi pertunjukan bernama E-wayang.

2. Keris

Foto Keris Oleh Unik SegiEmpat
Selain wayang, UNESCO juga mengakui keris sebagai salah satu kebudayaan intangible pada tahun 2005. Menurut penelitian yang telah dilakukan, keris ternyata memiliki catatan sejarah yang panjang. Keris yang kini kita kenal adalah keris modern yang berbentuk belati penusuk dengan lekukan beragam. Uniknya, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih menghubungkan keris dengan kekuatan supranatural. Keris juga menyimpan beragam legenda yang salah satunya adalah legenda mengenai keris Mpu Gandring yang sengaja menciptakan sebuah keris untuk Ken Arok.

3. Batik

Foto Batik Oleh Unik SegiEmpat
Untaian kain dengan desain mempesona ini telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia (World Heritage) pada tahun 2009. Batik merupakan kain yang coraknya sangat beragam. Corak yang batik bergantung dari daerah asalnya. Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober, sebagai tanda kebanggaan karena telah memilikinya sejak zaman dahulu.

4. Angklung

Foto Angklung Oleh Unik SegiEmpat
Salah satu alat seni tradisional ini akan segera diakui oleh UNESCO sebagai salah satu bagian dari World Heritage. Nama alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini memang telah mendunia, sebab alat musik yang dapat menghasilkan suara yang sangat indah ini telah sering ditunjukkan dalam beragam pertunjukkan kebudayaan yang diselenggarakan oleh beberapa negara.
Indonesia memang salah satu surga dunia. Kita tak perlu jauh melalngbuana ke Maldives karena negeri ini jugta memiliki beribu pulau indah berair jernih yang tersebar luas di seluruh penjuru negeri. Bahkan kita tak perlu berbangga dapat terbang ke Eropa dan negara lain yang memiliki glester, sebab Papua dapat menjadi obat penasaran kita terhadap salah satu fenomena geologi ini. Kini Indonesia telah 68 tahun merdeka namun banyak masyarakatnya yang mengklaim negara ini belum merdeka. Lantas apakah kita harus menunggu status itu hingga beribu tahun lagi? Mengapa tak detik ini saja kita benar-benar memerdekakan negeri ini, yang salah satu caranya dapat dilakukan dengan cara terus menjaga kelestarian World Heritage of Intangible Culture yang tersimpan di negeri ini.
sumber : http://unik.segiempat.com/ilmu-pengetahuan/inilah-warisan-kebudayaan-indonesia-yang-diakui-oleh-dunia/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita