Selasa, 12 Maret 2013

Google Ingin Jadi Seperti Komputer Star Trek


Google Ingin Jadi Seperti Komputer Star Trek
Texas - Google adalah pemain dominan dalam ranah pencarian (search engines) internet. Meski menjadi salah satu perusahaan teknologi yang paling penting, Google masih menghadapi tantangan besar.
Amit Singhal, wakil presiden senior pencarian Google, mengatakan ada empat tantangan teknis terbesar Google. Hal ini dia ungkapkan saat ditanya dalam sebuah diskusi South By Southwest di Texas, Minggu, 10 Maret 2013.
Keempat tantangan teknis itu adalah grafik pengetahuan, pengenalan suara, pemahaman bahasa alami dan pemahaman percakapan. "Keempatnya adalah masalah teknis, yang meskipun ada perbaikan, masih belum terpecahkan," kata Singhal.
Grafik pengetahuan tentang hubungan antara hal-hal dan ide-ide dan bagaimana mereka berhubungan satu sama lain. Ini mendasari fokus utama pencarian Google. Pengenalan suara adalah menerjemahkan suara manusia ke dalam teks, yang merupakan kunci untuk pencarian dengan suara. Bahasa alami adalah memahami nuansa bahasa, yang memungkinkan konversi transkripsi suara menjadi informasi yang bermakna. Percakapan berhubungan dengan bahasa alami.
Namun, Singhal mengatakan pencarian telah berkembang jauh lebih cepat daripada yang dia pikirkan ketika di sekolah pascasarjana mempelajari masalah itu 20 tahun yang lalu. "Ketika saya mulai sebagai mahasiswa pascasarjana, dalam pencarian kita akan berjuang untuk mencari tahu 'apple' adalah perusahaan dan juga 'apple' adalah buah," ujarnya.
»Hari ini, Anda dapat mengetik "alamat gereja" di Google dan mesin pencari akan tahu Anda sedang mencari alamat peta fisik. Tetapi jika Anda mengetik "alamat Feedburner" Google akan tahu Anda sedang mencari URL,” tambahnya.
Singhal, yang bergabung dengan Google 12 tahun lalu, menekankan visi pencarian berdasarkan visi sci-fi di Star Trek. Dalam film itu, Kapten Kirk akan bertanya pada komputer dan komputer akan memberi jawaban. Singhal menunjuk Google Now, yang dirancang untuk mengirim informasi ke pengguna bahkan sebelum mereka mencarinya, seperti informasi penundaan penerbangan, atau ketika seseorang harus pergi ke pertemuan dengan mempertimbangkan macet.
"Komputer harus memberitahu Anda hal-hal yang tidak Anda tanyakan. Jika penerbangan Anda tertunda Anda tidak perlu bertanya apa statusnya. Atau Anda memiliki pertemuan satu jam lagi dan ada kemacetan. Google harus memberitahu Anda, Anda sebaiknya pergi sekarang. Visi kami adalah hal yang perlu Anda ketahui datang kepada Anda ... Impian kami untuk pencarian adalah menjadi komputer Star Trek. Itulah yang sedang kita bangun saat ini."  (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita