Minggu, 10 Maret 2013

Makin Intim dengan Pelanggan Lewat Media Sosial


Perkembangan media sosial dipandang sebagai tempat terbaik bagi perusahaan untuk mencari tahu apa yang customer inginkan. Sebab di media sosial, para pelanggan kerap mengungkapkan keinginan atau unek-unek terhadap berbagai hal, mulai dari layanan hingga produk.

Kondisi inilah yang akhirnya menggiring layanan customer care menuju era baru. Tidak hanya mengandalkan layanan pelanggan di 'ujung telepon', tapi juga memanfaatkan media sosial sehingga pengguna dapat secara instan bila ingin menyampaikan sesuatu.

Apalagi ditopang oleh perkembangan pengguna media sosial yang kian meningkat dengan cepat tiap waktunya. Tentunya layanan customer care era baru yang memanfaatkan media sosial guna mencari tahu keinginan konsumen dirasa lebih efisien.

Sebab selain biaya yang dibutuhkan pastinya lebih murah, layanan media sosial dihuni oleh jumlah pengguna melimpah yang setiap saat dapat dengan cepat mengungkapkan keinginannya.

Namun tentunya untuk mengimpelementasikan layanan customer care berbasis media sosial dibutuhkan solusi yang mumpuni. Salah satu solusi yang coba menjajal peruntungan adalah SAP 360 Customer.

Kelebihan yang ditawarkan SAP pada solusi terbarunya ini berada pada platform SAP HANA, yang diklaim memungkinkan solusi tersebut untuk memanfaatkan kemampuan komputasi in-memory dan juga cloud. 

Hasil dari solusi ini dikatakan berimbas pada akses yang lebih cepat menuju database dan lebih aman berkat penggunaan cloud.

Dengan begitu, SAP 360 Customer siap menghadirkan kemampuan untuk mengubah masukan pelanggan menjadi sebuah improvisasi yang melibatkan satu per satu pelanggan baik secara konteks maupun real time.

Analogi sederhananya begini, solusi ini nantinya mampu memonitor 'kicauan' atau postingan yang bertebaran di media sosial. Dengan disetting oleh query atau kata kunci tertentu, ia akan merekam data tersebut untuk kemudian dianalisis.

Nah, hasil analisis inilah yang bisa menjadi 'jawaban' bagi perusahaan untuk memberi respons terhadap apa yang diinginkan oleh pelanggan di ranah media sosial.

Jadi, hal tersebut memungkinkan sebuah perusahaan untuk dapat menciptakan pengalaman -- baik bagi pelanggan melalui operasional -- yang prima dengan pemberdayaan media sosial. 

Selain itu impelementasi SAP 360 Customer semakin efisien berkat durasi layanan yang lebih cepat yang diimbangi dengan respons yang baik.

Namun yang harus digarisbawahi di sini adalah, kolaborasi SAP 360 Customer dan SAP HANA di sini bukan cuma bisa diandalkan untuk memonitor media sosial. 

"Ini adalah solusi yang dapat mengubah alur permainan di dunia bisnis yang akan membantu perusahaan memasarkan produknya lebih baik, menjual lebih baik, melayani dengan lebih baik dan benar-benar menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggan mereka," ujar Ian Kinsella, VP Line of Business SAP Asia Pasifik dan Jepang di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (8/3/2013). (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita