Jumat, 15 Maret 2013

Ini Kota di Dunia yang Sukses Bangun Terowongan Raksasa Anti Banjir


img
Jakarta - DKI Jakarta berencana memiliki proyek besar yakni terowongan raksasa atau Multi Purpose Deep Tunnel untuk menanggulangi banjir yang terus menghantui kota metropolitan ini. Tak hanya untuk mengatasi banjir, proyek ini pun diyakini bisa menekan angka kepadatan lalu lintas karena dapat dilalui kendaraan pada saat tidak terjadi banjir.

Ada beberapa negara yang telah memiliki terowongan raksasa yang fungsi dasarnya memang untuk menanggulangi banjir. Namun, tak banyak dari proyek-proyek tersebut yang memiliki fungsi yang sama, yaitu dapat dilalui kendaraan. Bahkan dapat dikatakan hanya negara Malaysia saja dengan proyeknya yang bernama Stormwater Management and Road Tunnel (SMART) yang terowongannya bisa juga dilalui kendaraan. Negara lainnya, hanya berfungsi sebagai solusi penanggulangan banjir dan pengolahan air baku.

Proyek yang akan dibangun di Jakarta sedikitnya akan meniru proyek yang telah ada di beberapa negara. "Kita mungkin akan melihat dari proyek yang di Malaysia dan Chicago. Kalau Chicago dia hanya terowongan banjir saja, tidak bisa dilalui kendaraan," kata salah seorang tim pengkaji terowongan Multi Purpose Deep Tunnel Jakarta, Danang Parikesit beberapa waktu lalu.

Lalu, begara mana saja yang telah memiliki proyek ini? Berdasarkan informasi yang dikumpulkan detikFinance dari beberapa sumber, Kamis (14/3/2013), ada 5 negara yang telah memiliki terowongan raksasa ini. Apa saja? Klik di bawah ini untuk mencari tahu. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita