Sabtu, 16 Maret 2013

Penghindaran Membuat Konfrontasi Tetap Ada

Penghindaran Membuat Konfrontasi Tetap Ada
Pada berbagai kesempatan kita memiliki konflik dengan teman atau kerabat. Ini adalah umum dan biasanya merupakan akibat dari orang yang mengalami hari yang buruk. Untuk berbagai alasan kita gagal untuk memperbaiki pertengkaran. Semakin lama waktu yang dibutuhkan kita untuk mengubah bentrokan itu, hal-hal buruk semakin banyak kita merasa tidak nyaman. Apa yang dimulai sebagai perselisihan berubah menjadi perang. Tidak ada pihak yang ingin menghadapi lawan. Kedua pihak punya gengsi untuk mempertahankan dan atau tekad mereka untuk membuktikan bahwa mereka benar. Ini ditingkatkan karena langkah berikutnya adalah menghindari.

Anda akan berpikir bahwa penghindaran akan menciptakan masa refleksi dan keinginan untuk memperbaiki masalah yang kita miliki dengan teman atau anggota keluarga. Hal ini biasanya tidak terjadi. Jika kita melakukan refleksi sama sekali dan jika kita menjadi sadar akan rasa bersalah dalam hal ini, kita akan lari dari oposisi untuk mempertahankan keyakinan akan ketidakbersalahan kita. Kemungkinan besar tidak ada pihak yang tanpa kesalahan. Bahkan jika ada kesalahan, kita masih bisa tidak setuju dan membiarkan masalah larut. Sebagian besar waktu kita memilih menghindari yang hanya menyakiti kita berdua, meneruskan permusuhan, dan menggerogoti hati nurani kita. Kita mungkin menyampaikan ketidakbersalahan kita kepada orang lain namun bertanya-tanya mengapa kita tidak bisa tidur di malam hari. Anehnya, menghindari akan membuat keterasingan dan perasaan kebencian akan bercokol dalam diri kita. Bahkan jika kita mulai mengakui kepada diri sendiri, bagian kesalahan kita dalam konflik, kita mulai menyalahkan orang lain untuk kelanjutan perselisihan tersebut.

Kita menghindari karena menyadari itu adalah perdebatan bodoh dan kita tidak nyaman telah menempatkan diri dalam situasi seperti ini. Itu meledak di luar proporsi. Meminta maaf bukanlah pilihan karena akan merendahkan. Ini akan membuat kita tampak lemah. Kita benar-benar bingung tentang keinginan kita untuk memperbaiki masalah, tanpa kehilangan muka, menjaga harga diri kita utuh, dan mendapatkan kembali kedamaian. Kita tidak pernah yakin tentang bagaimana hal itu akan berlangsung jika kita mencoba mengawali pendekatan. Jika kita ditolak kita akan merasa lebih buruk. Pada akhirnya kita mundur dan kehilangan kesempatan.
Dengan menghindari, kita tidak harus membuat keputusan. Dalam menghindari kita menebang hubungan yang tadinya bahagia. Kita membayar harga yang mahal untuk gengsi kita. Kita harus berhenti menghindari oposisi. Dengan bersama-sama di tempat kerja atau pertemuan, kita memiliki kesempatan untuk mengelola dan menyelesaikan masalah. Sebagian besar waktu kedua orang yang terlibat dalam perselisihan akan menyesal. Sulit untuk mengetahui bagaimana untuk bisa membuat perdamaian. Ketika orang berada dalam jarak dekat, mereka cenderung memiliki lebih banyak kesempatan untuk memperbaiki hubungan yang rusak. Prospek yang baik dan tampaknya muncul tanpa bantuan apapun. Kita melihat musuh mencoba untuk membawa beban yang berat. Tawaran kita untuk membantu menyapu banyak lumpur malah membuat kita berdua kotor. Kita menawarkan alat atau nasihat kepada teman kita yang marah. Kita berdua tertawa mendengar lelucon dan menemukan diri kita setuju dengan satu sama lain. Sangat mudah untuk memperbaiki perbedaan ketika kita berada di sekitar orang lain. Semakin dekat kita, semakin mudah untuk menyelesaikan sengketa. Tiba-tiba kita melihat pasangan kita, teman kita atau saudara, dan bukannya orang asing. Kita bahkan bertanya-tanya bagaimana dan mengapa hal itu terjadi. Kita senang masalah selesai dan waspada agar itu tidak terjadi lagi. Kita pulang ke rumah, merasa baik dan tidur nyenyak. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita