Jumat, 13 September 2013

Makhluk-Makhluk Mitologi Jepang yang Aneh

Makhluk-Makhluk Mitologi Jepang yang Aneh

Sekarang ini banyak sekali bermunculan mitos yang dibarengi dengan makhluk aneh dengan kekuatan dan kesaktiannya sendiri. Makhluk-makhluk tersebut akhirnya menjadi dikenal oleh banyak orag dan juga dijadikan sebagai makhluk leganda. Namun tidak semua makhluk mitologi tersebut adalah khayalan, namuan ada pula yang benar keberadaanya. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa mahluk mitologi dari Jepang yang aneh.

1. Maneki Neko

 Foto maneki neko oleh unik SegiEmpat
Tentunya Anda pernah melihat patung kucing yang seolah memanggil yang selalu di berada di depan toko. Ya, kucing tersebut sering disebut sebagai Maneki Neko dalam mitologi Jepang dan China. Simbol kucing ini dijadikan sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran. Hal ini sesuai dengan kisah dari seorang saudagar kaya yang diselamatkan oleh kucing yang disebut maneki neko ini. Pada suatu saat saat saudagar kaya yang tengah berlindung dari hujan dan petir yang terjadi di bawah pohon dan beberapa waktu kemudian, sang kucing maneki neko ini datang dan mencoba untuk memanggil sanga saudagar untuk mengikutinya. Dan akhirnya sang saudagar mengikuti kucing dan setelah meninggalkan pohon tempat berlindungnya tersebut ternyata petir langsung menyambar pohon. Setelah kejadian itu sang saudagar mengetahui bahwa sang kucing telah menyelamatkan hidupnya dan setelah sang kucing mati akhirnya dibuat patung kucing ini dari kayu dan diberik nama maneki neko dengan ukuran tangan dan cakar yang lebih besar.

2. Dragon

 Foto dragon oleh unik SegiEmpat
Naga adalah hewan mitologi hampir di seluruh negara di dunia tak terkecuali di Jepang. Di Jepang, naga ini di wujudkan sebagai hewan yang sangat besar dan panjang seperti ular yang dapat mengeluarkan nafas berupa api dan air. Selain itu, diceritakan bahwa sang naga ini memiliki istana besar yang terletak di dasar laut Okinawa. Meskipun digambarkan sebagai hewan yang besar dan menyeramkan, namun naga di Jepang ini dianggap sebagai hewan yang suci dan memiliki kekuatan suci bagi warga Jepang. Naga ini sering di dijadikan sebagai hewan yang selalu ada d setiap perayaan Jepang karena hewan ini merupakan hewan yang diagungkan.

3. Houou

 Foto houou oleh unik SegiEmpat
Houou adalah seekor hewan mitologi Jepang yang berbentuk seperti burung yang sering disebut sebagai phoenix Jepang. Burung ini digambarkan sebagai burung yang besar dengan bulu yang berwarna-warni yang melambangkan sebagai keharmonisan dan ketenangan. Warga Jepang menganggap bahwa houou ini adalah hewan langit yang akan datang ke bumi saat bumi dalam keadaan damai sehingga pada saat sekarang ini burung ini tidak akan pernah muncul di bumi karena saat ini bumi dalam keadaan yang tidak damai.

4. Namazu Gami

 Foto namazu gami oleh unik SegiEmpat
Orang Jepang banyak yang mempercayai bahwa gempa bumi yang tejadi karena adanya aktifitas Namazu Gami yang ada di dasar laut ini. Hal ini merupakan mitos dari zaman dulu yang mengatakan bahwa ada dewa Kashima yang memiliki hewan peliharaan berupa lele yang besar (dewa lele) yang disebut namzu gami. Apabila dewa Kashima ini sedang lengah menjaga dewa lele ini, maka dewa lele akan meronta-ronta untuk bisa bebas sehingga karena adanya gerakan yang besar dari dewa lele ini menyebabkan gempa bumi terjadi. Hal ini tentunya adalah mitos yang belum dibuktikan kebenarannya.
sumber : http://unik.segiempat.com/unik/makhluk-makhluk-mitologi-jepang-yang-aneh/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita