Minggu, 07 April 2013

Masih ada 100 miliar lagi planet alien di dunia ini

Masih ada 100 miliar lagi planet alien di dunia ini


Alam semesta memang masih menyimpan berjuta misteri. Terutama misteri tentang kemungkinan adanya seratus miliar lagi planet berpenghuni.
Seperti yang dilansir oleh the Telegraph (3/4), para peneliti telah menemukan sebuah metode baru untuk menemukan planet yang berada zona yang bisa dihuni. Zona ini menunjukkan kemungkinan tentang adanya planet berpenghuni lain selain bumi.
Hasilnya, diestimasi ada sekitar 100 miliar lagi planet mirip bumi yang tersebar di Galaksi Bima Sakti saja. Adapun planet-planet tersebut beredar di antara 300 miliar bintang dan sistem tata surya di galaksi susu tumpah ini.
Hasil ini didapatkan setelah para peneliti dari University of Auckland mencocokkan data dari teleskop luar angkasa NASA dan teknologi gravitational microlensing. Dari sini, akan diketahui mana saja planet mirip bumi yang memiliki atmosfer dan orbit.
"Kepler (teleskop NASA, red) menemukan planet-planet berukuran seperti bumi dan dekat dengan bintangnya, diperkirakan ada 17 miliar planet yang lebih panas dari bumi ini," kata Dr Phil Yock, peneliti senior dari University of Auckland.
Dari sini, kemudian hasilnya dikembangkan lagi sehingga ditemukanlah 100 miliar planet mirip bumi yang ada di alam semesta ini. "Kami mengantisipasi angka 100 miliar. Meski begitu, masih butuh waktu untuk mengujinya satu-satu," lanjutnya.
Memang, misi pencarian planet kembaran bumi hingga saat ini masih terus berlangsung di mana-mana. Hal ini dikarenakan masih besarnya misteri yang menyelimuti dunia ini.
Bagaimana menurut Anda? Mungkinkah ada planet mirip bumi ini? SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita