Rabu, 02 Oktober 2013

Jamur-Jamur dengan Bentuk Terunik di Dunia

Jamur adalah tumbuhan parasit yang hidup liar di alam. Ada beberapa macam jamur yang ada di dunia ini dan sebagian ada pula yang dijadikan sebagai bahan makanan seperti jamur kuping, jamur merang dan lain-lain. Namun diantara jamur-jamur tersebut ada pula jamur yang memiliki bentuk aneh dan unik yang jarang sekali ditemukan. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa jamur dengan bentuk terunik di dunia.

1. Jamur Berdarah (Hydnellum peckii)

 Foto jamur berdarah (hydnellum peckii) oleh unik SegiEmpat
Dari banyaknya jenis jamur yang bisa dimakan, jamur yang satu ini termasuk dalam jenis jamur yang tidak bisa dikonsumsi. Dilihat dari bentuknya, jamur ini memiliki bentuk yang sangat unik yang memiliki bintil-bintil merah seperti darah yang tersebar di permukaan jamur ini sehingga jamur Hydnellum ini dijuluki sebagai jamur berdarah. Selain itu, jamur ini juga menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri yang menggantung di permukaan tubuh buahnya. Awalnya jamur Hydnellum ini sering dijumpai di beberapa negara Eropa dan Amerika Utara. Namun setelah dilakukan benyak penelitian ternyata jamur yang satu ini juga bisa hidup di daerah Iran dan Koera. Peran jamur berdarah yang satu ini tidak sebagi parasit namun memiliki peran yang saling menguntungkan bagi pohon konifer di sekitarnya.

2. Amanita muscari

 Foto amanita muscaria oleh unik SegiEmpat
Jamur berikutnya yang memiliki bentuk unik adalah Amanita muscari. Amanita muscari sebenarnya memiliki warna yang sangat indah yang terdiri dari banyak warna seperti merah, jingga, kuning dan putih. Namun hal yang membedakannya adalah adanya bercak hitan dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari jamur lainnya. Meskipun terlihat indah, namun ternyata jamur Amanita muscari ini memiliki racun yang sangat berbahaya yang akan mengakibatkan banyak hal fatal jika Anda menghirupnya. Jamur ini akan mengeluarkan senyawa asam ibotenat dan muscimol yang bersifat halusinogen dan psikoaktif. Dengan adanya senyawa tersebut akan mengakibatkan seseorang mengalami gangguan sistem saraf, mempercepat denyut jantung, mulut kering dan halusinasi. Hal lain yang akan terjadi jika terkena racun jamur Amanita muscari ini adalah diare, vertigo, muntah, koma dan beberapa efek lainnya. Selain itu, keunikan dari jamur ini adalah bisa hidup diberbagai daerah karena dapat hidup di suhu rendah dan suhu tinggi dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan daripada jamur lainnya.

3. Jamur Otak (Gyromitra esculenta)

 Foto jamur otak (gyromitra esculenta) oleh unik SegiEmpat
Jamur otak yang memiliki nama latin Gyromitra esculenta ini adalah jamur dengan bentuk yang sangat unik. Bentuk jamur ini sesuai dengan namanya yaitu berbentuk seperti otak manusia dengan warna coklat. Jamur otak ini adalah jamur yang merupakan jenis dapat dikonsumsi, namun jika Anda ingin mengkonsumsi jamur ini jangan mengkonsumsi secara mentah. habitat asli jamur otak ini adalah di seluruh Eropa dan Amerika Utara yang biasanya tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon konifera pada saat musim semi atau awal musim panas.
sumber : http://unik.segiempat.com/unik/jamur-jamur-dengan-bentuk-terunik-di-dunia/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita