Senin, 06 Mei 2013

Bentrokan Godong, Perjalanan Evakuasi Suporter PSIS dari Menit ke Menit


 Bentrokan Godong, Perjalanan Evakuasi Suporter PSIS dari Menit ke Menit
Sebanyak 130 suporter PSIS ketika tiba di Balai Kota Semarang dengan kawalan anggota Yonif 400/Raider. (twitter/dok)
Semarang Suporter PSIS Semarang yang tertahan di Pasar Godong, Desa Klampok Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, akhirnya siang ini berhasil dievakuasi seluruhnya.
Kondisi lokasi tawuran antara suporter PSIS dengan warga Godong, di Jalan Raya Purwodadi-Semarang tersebut, siang ini (6/5) berangsur mereda.
Tawuran mereda setelah diterjunkan ratusan pasukan GR Banteng Raider Srondol dan 410 Alugoro Blora 7 SSK, dua kompi Brimob Polda, Dalmas Polda satu kompi, Dalmas Polrestabes Semarang satu kompi.
Sejak tadi malam suporter PSIS disandera warga. Selepas mendampingi pertandingan tim PSIS melawan Persipur di Stadion Krida Bakti, suporter dicegat warga Godong. Warga godong marah karena suporter PSIS menjarah beberapa toko dan melakukan pengrusakan di wilayah Godong.
Menurut Kabagops Polres Grobogan, Kompol Kelik Budiono, kepada wartawan, jumlah korban sementara dua orang kritis, tidak ada korban jiwa, sementara korban luka belum bisa dihitung.
Adapun korban kritis dari pihak suporter tersebut akibat dimassa warga saat menjarah toko di sekitar jalan. “Tidak benar kalau ada yang menyebutkan ada korban meninggal,” kata dia.
Sebelumnya beberapa informasi menyebutkan jatuh korban meninggal dari pihak suporter satu orang meninggal dan satu luka berat, ada juga yang mengabarkan ada korban tewas sabanyak dua orang, bahkan belakangan ada inormasi trdapat korban meninggal enam orang. “Itu tidak benar, tidak ada korban meninggal,” ucap dia.
Kapolreas Grobogan AKBP Langgeng Purnomo juga menegaskan tidak ada korban meninggal dalam kerusuhan di Godong, Grobogan, tersebut.
Pasukan gabungan dari TNI dan Polda Jateng masih berjaga-jaga di sekitar lokasi tawuran antara suporter PSIS Semarang dengan warga Godong, Grobogan, siang ini. Pasukan gabungan itu berjaga di pinggiran jalan raya mulai dari depan Mapolsek Godong hingga Pasar Godong yang berjarak sekitar 500 meter.
Bagaimana perjalanan evakuasi suporter PSIS dari pagi hingga siang ini? Berikut kronologinya dari menit ke menit, berdasarkan hasil liputan wartawan Radio Idola Semarang yang juga telah di-share ke twitter, terhadapnya kami lakukan editing seperlunya:
#06.17: Suporter PSIS yang akan kembali ke Semarang akan dialihkan ke jalur pantura (P Marno)
#06.23: Ribuan suporter PSIS masih terkepung di Desa Klampok, Godong, Grobogan, tidak bisa maju atau mundur (P Marno)
#06.12: Sampai saat ini suporter PSIS yang akan kembali ke Semarang masih tertahan di Purwodadi, karena dihadang warga di Godong (P Marno)
#07.00: Situasi di jalan raya Desa Klampok, Godong, Purwodadi, polisi msh melakukan penjagaan (P Dede)
#07.41: Bentrok terjadi lagi antara warga dengan suporter PSIS, sejumlah orang terluka, aparat keamanan ditambah jumlahnya (P Minto)
#07.49: Sebanyak delapan truk mengangkut personel TNI menuju ke Godong,Grobogan untuk membantu mengevakuasi suporter PSIS (P Darman)
#08.10: Anggota TNI dari Yonif 410 saat ini meluncur ke lokasi untuk membantu mengatasi bentrokan suporter PSIS & warga Godong (P Harli)
#08.12: Beberapa suporter PSIS diamankan di kantor Kepolisian setempat untuk menghindari amukan warga Godong, Grobogan (P Kris)
#08.16: Sebagian suporter PSIS terlihat sdh melintas di Kudus dikawal Brimob bersenjata lengkap, sepanjang jalan dijaga polisi (P Yudi)
#08.32: Sampai saat dua orang luka dirawat di Puskesmas Godong, belum ada info korban (Kasatlantas Grobogan, AKP Tarkhim)
#Saat ini 15 truk & ratusan suporter PSIS yang naik motor masih tertahan di desa Klampok, Godong, Grobogan (Kasatlantas Res Grobogan)
#Aparat TNI/Polri msh menunggu waktu yang tepat untuk evakuasi suporter PSIS keluar dr desa Klampok, Godong (Kasatlantas Res Grobogan)
#Ulah suporter PSIS yang arogan & brutal menjadi pemicu kemarahan warga sehingga menghadang & menyerang suporter (Kasatlantas Res Grobogan)
#Suporter PSIS melakukan penjarahan, pemukulan & menggeber gas saat melintas di depan rumah warga yang sedang berduka (Kasatlantas Res Grobogan)
#08.50: Anggota TNI bersenjata lengkap sudah bersiaga di sepanjang Jalan Raya Klampok, Godong, Groboban Aris)
#08.51: Sementara warga masih bertahan di tepi jalan dgn membawa sajam dan batu, aparat berusaha menenangkan warga (P Aris)
#Jalan alternatif menghindari Godong: pertigaan Ketapang-Brati-Undaan-Kudus-Semarang atau sebaliknya (Kasatlantas Grobogan-AKP Tarkhim)
#08.55: Polisi Kudus bersiaga mengantisipasi suporter yang melintas diwilayah Kudus (P Welly)
#09.01: Saat ini suporter masih bentrok dengan warga, beberapa orang terluka, ada dua motor yang dibakar & diceburkan ke sungai (P Marno)
#09.02: Anggota TNI/Polri kewalahan mengatasi bentrok, karena kalah jumlah dan luasnya lokasi bentrokan (P Marno)
#09.04: Suporter yang kelaparan & kehausan trpsa minum air di bak masjid desa setempat, suporter anak-anak banyak yang menangis karena lapar (P Marno)
#09.33: Kami masih tertahan di Klampok, suporter & warga tidak mau mengalah, masih saling lempar batu, ada warga yg bawa senapan angin (P Ipul)
#09.35: Bantuan polisi dr Polda Jateng tengah bergerak menuju Klampok, Godong,Grobogan, baru saja lewat Karangawen (P Supandi)
#09.50: AKBP Langgeng P, Kapolres Grobogan, mengatakan saat ini pihaknya masih fokus menangani supoter PSIS yang tertahan di Ds Klampok
#10.11: Rombongan suporter PSIS dikawal mobil Patwal melintas di Jl Karangtengah, Demak memenuhi jalan (P Wiwik)
#10.23: Rumah warga disepanjang Jalan Purwodadi-Semarang banyak yang rusak karena dilempari batu oleh suporter PSIS (P Minto)
#10.26: Di kawasan Klambu, rombongan suporter PSIS juga dihadang warga, anggota TNI berusaha menghalau (P Minto)
#10.28: Baru saja puluhan suporter PSIS yg dikawal polisi & tentara tiba di Balai Kota Semarang, kebanyakan masih ABG & lusuh (P Agus Peduts)
#10.35: Baru saja melintas dikawasan Gunungpati suporter PSIS (P Lesus)
#Kepala Puskesmas Godong-Wiwik Wibowo, membantah telah terjadi perusakan puskesmas Godong Grobogan oleh suporter PSIS/warga.
#10.46: Rombongan suporter PSIS dikawal polisi msk Balaikota (P Agus Peduts)
#10.53: Sebanyak 130 suporter PSIS masuk Balaikota dikawal anggota Yonif 400/Raider, kami msh menunggu yang lainnya (Danramil Smg Tgh-Kapten Rakiman)
#Sebanyak 138 orang, dominan laki2, jamin keamanan suporter yang berada di Balai Kota (Danramil Smg tengah Kapten Infranti RB Rakiman)
#11.00: Di pertigaan Godong masih dilakukan evakuasi terhadap suporter PSIS, pemblokiran terjadi ke arah Desa Klampok (P Oji)
#Wiwik Wibowo, Kepala Puskesmas Godong, bilang memang menerima satu korban tewas kemarin sore, tapi korban kecelakaan lalin.
#Beberapa truk suporter sudah mulai dbwa ke semarang
#11.11: Proses evakuasi puluhan truk barusan saja melintasi Tegowanu (P Fuad)
#Sudah tidak ada yang ditahan warga, sekitar 138 org sudah di evakuasi ke Semarang dengan truk, evakuasi secara bertahap.
#Dilakukan pendataan lalu dikembalikan kembali, kloter berikutnya dialihkan ke GOR Tri Lomba Juang, mugas (Kabag Humas Pemkot Semarang, Achyani)
#Pembinaan juga tetap dilakukan untuk menghindari aksi anarkistis berikutnya (Kabag Humas Pemkot Semarang, Achyani)
#Pemkot belum mendapat info jml korban akibat bentrok suporter & warga di Godong, Grobogan (P Achyani, Humas Pemkot)
#11.38: Evakuasi suporter PSIS oleh anggota TNI dari Yonif 400/Raider menuju Semarang (P Zakaria)
#11.46: “Saya terpaksa membuang kaos PSIS agar bisa selamat, Alhamdulilah sekarang saya sudah sampai dirumah di Sampangan” (M Prayitno)
#12.01: suporter PSIS sudah dievakuasi dari Desa Klampok dengan kawalan ketat Yonif 400/Raider & 410/Alugoro (Pelda Warseno, Kodim Grobogan)
#12.03 membantu beberapa suporter PSIS yg numpang dari Kudus, kondisi lemah karena tidak makan dan minum sejak kemarin, mereka mengaku warga Citarum (P Yudi)
#12.05: Baru saja masuk ke RS Bhayangkra bus membawa suporter yang luka, kaca depan bus hancur, beberapa suporter luka di kepala (P Agung)
#12.06: Salah satu korban berusia 20an mengaku warga Jl Kimar, sedang dirawat di RS Bhayangkara (P Agung)
#12.11: Rombongan suporter PSIS diberi minum warga i depan GOR Manunggal Jati (P Benny V)
#Arus lalin Semarang-Purwodadi berangsur-angsur sudah mulai terurai, kendaraan berat melintas (P Oji)
#12.13: Batu-batu & kayu masih berserakan disepanjang Jl Raya desa Klampok, Godong, Grobogan, polisi masih berjaga-jaga di sepanjang jalan (P Oji)
#12.19: Melintas rombongan suporter PSIS dr arah Demak, rata-rata pakaiannya kumal & ada yang menderita luka (P Alex)
#12.31: Lingkar Demak Lancar, Kepolisian & TNI masih melakukan penjagaan di perempatan dan pertigaan TL (P Yudhi)
#Proses evakuasi dan pengawalan suporter PSIS masih berlangsung, dua jalur digunakan yakni Purwodadi-Semarang & jalur Pantura
#12.47: Bebarapa toko di Gubug (Purwodadi) sudah mulai dibuka, namun tetap dijaga oleh Polisi dan TNI (P Eko)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita