Rabu, 25 September 2013

Bangunan-Bangunan Unik nan Kuno dari Batu

Bangunan-Bangunan Unik nan Kuno dari Batu

Kini kita akan membahas sebuah bangunan yang unik dan telah ada sejak zaman dahulu yang terbuat dari batu. Konon bangunan-bangunan batu tersebut terbentuk dengan sendirinya namun ada juga yang terbentuk karena adanya aktifitas manusia dan aktifitas alam. Namun ternyata bangunan-bangunan kuno tersebut hingga sekarang masih kokokh berdiri dan bahkan hingga kini bangunan tersebut masih menjadi salah satu obyek wisata dan penelitian. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa bangunan unik nan kuno dari batu di seluruh dunia.

1. Ellora

Foto ellora oleh unik SegiEmpat
Bangunan pertama yang diukir dari batu ini adalah bangunan megah yang terletak di India. Bangunan ini adalah bangunan kuno yang diukir dengan gambar yang sangat indah sehingga bangunan ini kini diakui sebagai situs peninggalan termegah di dunia. Kuil yang ada juga diukir dengan berbagai gambar yang berkaitan dengan agama Hindu, Budha dan tradisi Jain sehingga bisa menambah keberagaman lukisan di dinding batu tersebut. Hal ini tentunya bisa menarik benyak perhatian para pengunjung sehingga banyak pula wisatawan yang datang ke India untuk melihat peninggalan dari batu tersebut.

2. Ajanta Caves

Foto ajanta caves oleh unik SegiEmpat
Satu lagi bangunan unik dari batu yang berasal dari India. Mendapat nama Ajanta Caves ini ternyata juga memiliki keindahan ukiran yang tidak kalah dengan yang berada di Ellora. Bangunan ini lebih berbentuk menyerupai lorong yang di sekitarnya dilengkapi dengan sekitar 30 buah ukiran patung Budha serta adanya lukisan yang sangat indah terpampang di Ajanta Caves dapat menambah keunikan dan keindahan bangunan yang satu ini. Tidak hanya itu, ternyata pemerintah India juga menyediakan bonus khusus bagi para pengunjung yang mengunjungi bangunan kuno tersebut.

3. Abu Simbel

Foto abu simbel oleh unik SegiEmpat
Dikatakan bengunan kuno yang bernama Abu Simbel ini telah berdiri sejak tahun 13 SM. Bangunan yang terletak di Mesir ini adalah bangunan yang diukir dengan batu dengan keunikannya sendiri sehingga bisa menarik banyak perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Meskipun berumur sudah tua, namun bangunan Abu Simbel ini masih kokoh berdiri dengan patung yang merupakan simbol Raja dan istrinya pada zaman tersebut. Meskipun mengalami sedikit kerusakan namun bangunan ini tetap menarik untuk dikunjungi untuk melihat beberapa peradaban zaman dahulu.

4. Mesa Verde

Foto mesa verde oleh unik SegiEmpat
Bangunan batu berikutnya yang memiliki bentuk unik adalah bangunan yang bernama Mesa Verde. Keunikan bangunan batu ini adalah bangunan ini menampilkan peradaban pada zaman dahulu karena bentuknya yang menyerupai kumpulan rumah-rumah yang dipercayai sebagai tempat tinggal manusia. Dengan adanya kompleks rumah tersebut membuat Mesa Verde ini menjadi tempat yang sering dikunjungi karena bangunan ini terlihat asli dan langsung memanfaatkan gua-gua dan tebing-tebing di sekitarnya untuk membuat rumah yang kokoh. Dengan begini para peneliti dapat lebih mudah menemukan bukti tentang peradaban zaman dahulu meski tidak ada barang yang ditinggalkan, namun dengan adanya bangunan tersebut sudah merupakan angin segar bagi para peneliti.
SUMBER : http://unik.segiempat.com/unik/bangunan-bangunan-unik-nan-kuno-dari-batu/

 

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita