Jumat, 27 September 2013

Pertimbangan Sebelum ‘Menembak’ Sahabat

Pertimbangan Sebelum ‘Menembak’ Sahabat

sebelum bilang suka oleh Asmara SegiEmpatKomunikasi yang lebih sering beresiko besar membuat dua orang sahabat yang memiliki jenis kelamin yang berbeda memiliki perasaan suka sebagai kekasih. Sebagian mungkin memilih untuk mengatakannya tetapi sebagian lagi lebih memilih untuk menyembunyikannya karena takut merusak hubungan persahabatannya.
Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi, seorang psikolog klinis dewasa mengatakan bahwa, ada dua pilihan yang harus Anda putuskan saat suka dengan sahabat sendiri, yaitu menyembunyikannya atau mengatakan secara langsung. Wulan menuturkan “pilihannya mau terus bertanya-tanya dia punya perasaan yang sama atau mau menerima konsekuensi bahwa ada kemungkinan ditolak dan berhasil.”
Ada baiknya Anda meyakinkan perasaan Anda sendiri sebelum mengungkapkan perasaan cinta kepada sahabat Anda, apakah Anda betul-betul mencintainya ataukah Anda hanya membutuhkan kenyamanan? Setelah itu, Anda juga harus tahu perasaan sahabat Anda kepada Anda. Hal lain yang harus Anda pikirkan adalah kemungkinan saat terjadi penolakan, seperti ada yang berubah diantara Anda ataupun hubungan yang renggang.
Jika ternyata Anda telah yakin untuk mengungkapkan rasa cinta Anda kepadanya, artinya Anda juga telah siap dengan kemungkinan besar untuk tidak diterima. Wulan menyarankan agar Anda mempersiapkan diri jika ternyata Anda ditolak.
Mempersiapkan diri bisa membantu Anda untuk tetap menjaga sikap dengan sahabat. Jika Anda sudah menyiapkan diri, Anda disarankan untuk mengganti tujuan, dari “menembak” menjadi “mengungkapkan perasaan.” Anda harus meyakini bahwa Anda hanya ingin memberi tahunya tentang perasaan Anda dan tidak ingin menjalin hubungan. Dengan begini maka Anda tidak akan merasakan luka yang lebih dalam.
Wulan menyarankan “jadi ekspektasinya diturunin sedikit. Goal-nya bukan pacaran tapi mengutarakan perasaan, targetnya ditolak. Jadi lebih siap, kalau diterima itu bonus.”
Kalaupun Anda memang ditolak, maka tidak ada yang patut disalahkan jika Anda mengalami sakit hati. Dan Anda tidak perlu menyembunyikan itu dari sahabat Anda. Jika Anda butuh waktu untuk tidak berkomunikasi dengan sahabat Anda untuk sementara, Anda tidak perlu menyembunyikan itu darinya. Karena jika tidak, maka Anda hanya akan merasakan rasa sakit yang lebih dalam. Menjauh darinya untuk sementara mungkin akan membantu Anda untuk memperbaiki kembali perasaan Anda sebelum kembali menghabiskan waktu dengannya. Anda harus menerima bahwa hal ini mungkin memang harus terjadi, setidaknya bahwa tidak ada lagi yang terpendam dalam hati Anda.
SUMBER : http://asmara.segiempat.com/serba-serbi-cinta/pertimbangan-sebelum-menembak-sahabat/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita