Senin, 18 Maret 2013

10 Makanan yang bikin detak jantung stabil


10 Makanan yang bikin detak jantung stabil
Tingkat stres yang terus meningkat, kurang olahraga dan kebiasaan makan yang tidak sehat membuat tubuh rentan terserang beragam penyakit. Faktor ini bisa berkontribusi terhadap peningkatan denyut jantung atau nadi. Selain karena tingkat stres, hal ini juga disebabkan kekurangan vitamin dan faktor medis lainnya. Namun, takikardia atau biasa disebut denyut jantung yang lebih cepat daripada denyut jantung normal, dapat membahayakan tubuh Anda. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke, dan dapat mengakibatkan kematian. Berikut adalah makanan untuk jantung sehat yang dapat menstabilkan denyut jantung atau nadi, seperti dilansir Boldsky.

1. Kalsium 

Sertakan 1.000 mg kalsium dalam diet harian Anda setiap hari yang dapat memainkan peran penting dalam mempertahankan denyut jantung normal. Produk susu seperti yoghurt, susu, keju, tahu, sereal, brokoli dan kubis mengandung banyak kalsium yang dapat mempertahankan denyut nadi yang stabil.

2. Magnesium 

Tubuh Anda membutuhkan setidaknya 270 sampai 400 mg magnesium setiap hari untuk menjaga keteraturan detak jantung. Tambahkan makanan yang kaya magnesium seperti almond, gandum, biji rami, oatmeal, kurma, labu, biji labu, dan sayuran berdaun hijau dalam menu harian Anda.

3. Asam lemak omega-3 

Minyak ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk kesehatan jantung dan peredarannya. Ikan seperti ikan sarden, tuna, mackerel, dan tiram, harus dikonsumsi karena mereka adalah sumber yang kaya asam lemak omega-3. Untuk para vegetarian, Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan seperti kenari.

4. Kalium

Tanpa mineral ini, otot-otot seperti jantung Anda mungkin tidak dapat berkontraksi dengan baik. Pisang, air kelapa, buah jeruk, tomat, alpukat, kacang kedelai, plum, dan salmon adalah sumber makanan kaya kalium. Jadi, konsumsi makanan ini untuk mempertahankan denyut nadi yang stabil.

5. Sayuran berdaun hijau 

Diet harian yang terdiri dari sayuran berdaun hijau juga berkontribusi untuk denyut nadi yang lebih rendah dan normal. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, mint, kacang goreng, kacang polong, kubis, selada dan peterseli kaya akan zat besi dan juga dapat memperkuat sistem imun.

6. Makanan berserat 

Makan buah-buahan yang kaya akan serat dapat menjaga denyut nadi tetap normal. Anggur, apel, kurma, buah persik, aprikot, kiwi dan pepaya adalah beberapa buah yang bisa menjaga detak jantung yang sehat.

7. Minyak zaitun 

Menggunakan minyak zaitun untuk memasak adalah pilihan yang tepat. Minyak esensial ini kaya asam lemak mono tak jenuh yang dapat menurunkan kolesterol dan mengandung banyak kolesterol baik untuk menjaga denyut nadi yang sehat.

8. Teh hijau 

Beberapa penelitian telah menyebutkan bahwa teh memiliki peran penting dalam menurunkan risiko penyakit jantung. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka yang minum 12 ons atau lebih teh sehari memiliki risiko terkena serangan jantung setengah dari non-peminum teh.

9. Wine

Wine dapat melindungi jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol baik, mengurangi peradangan dan penipisan darah.

10. Biji-bijian 

Biji-bijian mengandung banyak anti-oksidan, fitoestrogen dan pitosterol yang protektif terhadap penyakit koroner yang bisa membantu dalam menjaga detak jantung tetap stabil. 

Inilah sepuluh makanan sehat yang dapat menjaga kestabilan detak jantung atau nadi Anda. Ingat, detak jantung yang tidak stabil dapat memicu serangan stroke dan jantung yang bisa berakibat pada kematian dini. (Sumber)


0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita