Kamis, 21 Maret 2013

Inilah 5 Hal yang Bikin Pria Rentan Osteoporosis


Jakarta, Osteoporosis atau pengeroposan tulang biasanya menyerang wanita. Wanita banyak mengalami hal ini bisa jadi karena kekurangan kalsium pada masa muda dan ini adalah salah satu akibat dari menstruasi atau sudah mengalami menopause. Banyaknya wanita yang terkena osteoporosis ternyata tidak menutup kemungkinan pria mengalaminya.

Dalam keadaan normal, pria memiliki cadangan kalsium di dalam tubuh, setidaknya mereka tidak kehilangan kalsium sebanyak wanita karena perdarahan menstruasi. Tetapi, tetap saja pria memiliki potensi dalam hal ini.

Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa pria bisa rentan terhadap osteoporosis dikutip dari boldsky, Rabu (20/3/2013).

1. Kekurangan Vitamin D
Yang perlu diketahui adalah tubuh tidak akan mendapatkan cukup vitamin D jika Anda tidak terkena sinar matahari. Tanpa kehadiran vitamin D, kalsium tidak bisa diserap ke dalam tulang, ditambah lagi gaya hidup saat ini sangat memungkinkan pria terkena osteoporosis.

2. Kekurangan Kalsium
Perempuan menyadari bahwa osteoporosis mungkin mempengaruhi mereka, sehingga wanita sangat memerhatikan komposisi makanan yang mengandung kalsium, khususnya dalam menu diet. Sedangkan pria jarang memerhatikan hal ini, inilah yang menjadi peluang mereka terkena osteoporosis.

3. Merokok
Kebiasaan yang satu ini tidak lepas dari pria. Padahal ini justru memicu pria menjadi lebih rentan terhadap masalah kesehatan tulang. Perokok, baik itu laki-laki atau perempuan, disarankan untuk lebih bertanggung jawab memenuhi kekurangan kalsiumnya dibandingkan mereka yang tidak. 

4. Gangguan Ginjal Kronis
Jika Anda memiliki kondisi ginjal yang tidak normal, tubuh akan kehilangan kalsium lebih dari biasanya. Hal ini mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan hormon testosteron yang dihasilkan dalam tubuh. Padahal hormon ini membantu melindungi kepadatan tulang, jika kepadatannya hilang maka tulang menjadi rapuh. 

5. Umur
Semakin dimakan usia, sistem tubuh akan goyah. Pria di atas 60 tahun sangat memiliki kemungkinan terkena osteoporosis. Pria akan kehilangan lebih banyak kalsium pada usia lanjut. 

Selain hal-hal tersebut, kurangnya olahraga dan obesitas juga dapat memicu osteoporosis. Berat badan yang berlebih akan menyebabkan tekanan pada tulang, apalagi jika kurang olahraga.

Untuk itu perkaya makanan Anda dengan sumber kalsium yang cukup dan rajinlah berolah raga. Jika Anda adalah pria di atas 50 tahun, sangat disarankan untuk melakukan tes skrining tulang rutin. (SUmber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita