Jumat, 22 Maret 2013

Ini Dia Baragam Manfaat Dasyat Pare

Sayuran yang dikenal dengan nama karela ini permukaannya keriting dengan warna hijau cerah dan rasanya yang pahit. Walaupun beberapa orang menjauhi sayuran ini karena rasanya, kandungan nutrisi di dalam pare ternyata sangat dahsyat.
Salah satu bukti nyata manfaat kesehatan pare diperlihatkan oleh masyarakat Okinawa, Jepang. Salah satu daerah dengan penduduk berumur panjang terbanyak di dunia.  Apa saja nutrisi hebat yang dikandung sayuran yang pahit ini?
Inilah beberapa manfaat pare seperti dilansir Live Strong, Senin (18/03/2013):
1. Membersihkan Darah
Pare mempunyai kandungan zat yang bisa membersihkan darah. Konsumsi jus pare juga bisa mengurangi gatal-gatal yang disebabkan infeksi dalam darah. Untuk hasil yang lebih maksimal disarankan konsumsi rutin jus pare di pagi hari dengan kondisi perut kosong.
2. Turunkan Kadar Gula Darah
Menurut Nutrasanus.com, Senin, pare mengandung Charntine, senyawa insulin dan alkaloids yang bertanggung jawab untuk penurunan kadar gula darah. Karena itu pare sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita diabetes dan pencegahan diabetes tipe dua.
3. Lancarkan Pencernaan
Walaupun rasanya pahit, pare dapat merangsang pencernaan dan gerakan makanan dalam usus sampai dikeluarkan dalam tubuh. Karena itu, konsumsi pare sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan konstipasi.
4. Turunkan Berat Badan
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, pare hanya mengandung 16 kalori per cangkir. Kandungan air dalam pare yang mencapai 90 persen dan 2,6 gram serat bisa mengerem nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.
5. Cegah Sel Kanker Pankreas
Tim peneliti dari University of Colorado, Amerika Serikat menemukan bahwa sari pare dapat menghentikan sel kanker pankreas memroses glukosa. Hal ini penting karena sel kanker memerlukan energi untuk bertahan dan memblokir persediaan glukosa agar bisa membunuh sel kanker tersebut.
6. Atasi Asma
Sebuah studi dari University of Massachusetts menyebutkan respon tubuh terhadap konsumsi makanan pahit seperti pare merangsang indera pengecap yang ada di sel saluran pernapasan. Hal ini, membuat saluran pernapasan jadi lebar hingga aliran udara jadi lebih cepat dan kuat. Karenanya aprut dikonsumsi penderita asma. (SUmber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita