Kamis, 21 Maret 2013

Amankah Ibu Hamil Makan Pepaya?




Jakarta, Saat hamil, seorang perempuan diminta untuk tidak makan sembarangan. Sebab asupan makanan itu tidak hanya untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk janin yang sedang di kandungnya. Nah, bagaimana jika ibu hamil makan pepaya, amankah?

Dikutip dari Boldsky, Kamis (21/3/2013), berikut ini fakta yang menjelaskan aman tidaknya seorang ibu hamil mengonsumsi pepaya:

1. Pepaya Matang

Pepaya matang kaya akan vitamin A dan B, beta karotin, serta potasium yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka itu banyak orang, termasuk dokter, menyarankan ibu hamil makan pepaya matang.

Berdasar laporan British Journal of Nutrition, pepaya mentah bisa jadi tidak aman bagi kehamilan karena kandungan pepsin dalam getahnya sehingga dapat menyebabkan kontraksi pada rahim dan menyebabkan keguguran. Jadi bagi para ibu hamil, pastikan pepaya yang Anda makan adalah yang benar-benar matang.

2. Pepaya Mentah

Pepaya mentah tidak aman dikonsumsi saat hamil. Selain karena kandungan pepsinnya, ada pula kandungan papain yang menurunkan perkembangan dan pertumbuhan janin. Dalam kasus yang paling buruk, papain menghentikan pertumbuhan secara keseluruhan dan kelangsungan hidup janin. Sebab papain melemahkan membran penting yang mempengaruhi kelangsungan hidup janin.

Pada perempuan yang memiliki riwayat aborsi atau melahirkan prematur karena kontraksi di rahim, papain bisa sangat berbahaya. Jadi hindarilah pepaya jika Anda sebelumnya pernah memiliki masalah saat kehamilan sebelumnya.

3. Kontrasepsi Alami

Konsentrasi getah di pepaya mentah menyebabkan kontraksi rahim yang bisa mengarah ke aborsi. Perempuan yang tidak menginginkan kehamilan ada yang menggunakan pepaya menyah sebagai alat kontrasepsi alami.

Getah pepaya muda bisa menyebabkan keguguran jika dikonsumsi di awal-awal kehamilan. Sedangkan jika perempuan yang hamil tua makan pepaya mentah bisa menyebabkan kelahiran prematur.

4. Alergi

Beberapa perempuan alergi terhadap pepaya. Sebenarnya yang menyebabkan alergi adalah getah pepaya tersebut. Alergi tersebut terjadi karena perempuan tersebut kesulitan untuk mencerna pepaya.

Umumnya, perempuan yang memiliki alergi getah juga alergi terhadap makanan yang mengandung getah tanaman seperti pisang, chestnut, gandum dan apel. 

Karena isu-isu terkait matang dan mentahnya pepaya, wanita hamil biasanya menghindari konsumsi pepaya sepenuhnya demi keamanan. Tapi sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui pasti makanan apa yang aman atau tidak bagi kehamilan. Jangan percaya apa kata orang atau mitos yang beredar. (Sumber)

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita