Minggu, 17 Maret 2013

Cara Bijak Melunasi Utang


image
Tahun baru menjadi harapan terwujudnya resolusi baru, salah satunya bagi Anda yang memiliki utang bertumpuk. Jika Anda berjanji melunasi utang dan memulai hidup dengan keuangan yang lebih seimbang tahun ini, sebaiknya segeralah konsisten dengan janji Anda.
Buatlah segera daftar tagihan, seperti laporan kartu kredit, kredit mobil, sepeda motor dan KPR. Kumpulkan semua dokumen, dan informasi terkait utang-utang Anda tersebut. Jika perlu, hubungi segera pemberi pinjaman dan tanyakan mengenai utang Anda.
Setelahnya, pilih salah satu dari daftar utang Anda, dan mulailah fokus untuk dilunasi. Anda bisa mulai memilih utang dengan bunga tertinggi, atau utang dengan jumlah terkecil. Membayar utang dengan bunga tinggi adalah masuk akal, namun fokus pada utang dengan bunga terkecil, membuat Anda termotivasi untuk segera melunasi utang yang lain.
Bayarlah segera semua cicilan minimal, sebanyak yang bisa Anda targetkan. Stacy, dalam bukunya "Life or Debt" merekomendasikan 10 persen pendapatan bulanan sebagai "pelunas utang". Setelah melunasi utang pertama, lalu fokuslah pada utang berikutnya dalam daftar. Untuk pembayaran utang selanjutnya, bayarlah sejumlah cicilan minimum dari utang pertama + pembayaran "pelunas utang" Anda.
Menambahkan jumlah cicilan utang yang lama ke dalam cicilan utang yang tersisa merupakan cara yang bagus untuk melunasi utang. Karena Anda terbiasa membayar utang sejumlah tersebut. Namun, setelah utang pertama tersebut telah lunas, tetap keluarkan sejumlah uang yang sama namun untuk membayar utang ke-2, dan seterusnya.
Kemudian jika Anda bisa menyisihkan "pelunas utang" hingga setara 10 persen dari penghasilan Anda, maka Anda akan bisa melunasi setiap utang, termasuk KPR, paling lama 10 tahun.
Namub, terlalu fokus melunasi utang, Anda terkadang merasa tak lagi memiliki uang ekstra untuk melunasi utang. Sebaiknya, segera pangkas keinginan yang masih bisa ditunda. Batalkan keanggotaan gym dan lakukan jogging, atau sewa video latihan untuk berolaraga di rumah.
Tarif keanggotaan gym rata-rata sebesar Rp 450 ribu per bulan. Jika uang tersebut dialokasikan untuk membayar utang selama enam bulan, maka utang Anda akan terlunasi hingga Rp 2,7 juta.
Anda juga bisa menekan anggaran ke salon. Coba beli masker rambut dan kerjakan sendiri, atau minta teman untuk memakaikan kuteks ke kuku Anda daripada manicure-pedicure di salon.
Selamat melunasi utang!

1 komentar:

  • Unknown says:
    31 Desember 2014 pukul 08.49

    PINJAMAN! PINJAMAN !! PINJAMAN !!!
    Halo, pencari pinjaman kami menyambut Anda ke Perusahaan Pinjaman sah swasta yang bertekad melepaskan kekayaan dan Pemberantasan stres dan kemiskinan.
    Pembiayaan Properti sering dapat menjadi tantangan nyata - memakan waktu, frustasi, mahal - tanpa akses ke koneksi yang tepat dan keahlian dalam menerapkan pendekatan yang benar. Berikut adalah berita baik kami menawarkan semua jenis s pinjaman dengan cara apapun yang Anda inginkan itu. Dalam segala sesuatu yang kita lakukan, kita menerapkan "K.I.S.S." Rumus - karena kita percaya pada "Menjaga It Simple Amat". Bisnis kami hanya membantu Pengembang Properti, Investor Properti, Perusahaan Terbatas dan Bisnis Lokal memperoleh dana yang mereka butuhkan, cepat, efisien, dengan syarat dan suku bunga 2% yang terbaik. Dari di seluruh pasar, apakah itu Inggris DEVELOPMENT FINANCE - Bridging FINANCE - KREDIT PERUMAHAN PROPERTI KOMERSIAL - BELI UNTUK LET PORTOFOLIO KREDIT, dll Kami akan menawarkan pembiayaan yang tepat untuk memungkinkan klien kami untuk tumbuh dan berkembang dengan mencapai satu atau lebih dari tiga fundamental bisnis:
    Hubungi kami hari ini via Email Anda {} sarahmantiwongloanhome@gmail.com atau sarahmantiwongfinancialsolution@yahoomail.com.

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita