Selasa, 17 September 2013

Jembatan-Jembatan yang Dihuni dengan Keunikan Tersendiri

Jembatan adalah bangunan yang menghubungkan banyak antara dua daerah yang dipisahkan oleh sungai atau parit. Biasanya jembatan dibangun hanya untuk tempat orang menyebrang, namun sekarang ini bnayak pula jembatan yang beralih fungsi menjadi tempat untuk mendirikan rumah bagi sebagaian orang. Karena dilihat sekarang ini semakin meningkatnya jumlah penduduk dan akhirnya juga lokasi tempat tinggalnya pun semakin sempit. Namun begi sebagian jembatan yang berpenghuni ini, ada juga jembatan yang memiliki keunikan sendiri. Berikut in akan kami sampaikan beberapajembatan yang dihuni dengan keunikan tersendiri.

1. Jembatan Tertutup

 Foto jembatan tertutup oleh unik SegiEmpat
Jembatan yang terletak di Bulgaria ini menjadi salah satu jembatan berpenghuni di dunia. jembatan yang menhubungkan antara kota lovech yang lama dengan yang baru ini awalnya dibangun agar masyarakat bisa melewatinya, namun pada tahun 1872 jembatan tertutup ini hampir hancur karena adanya air bah yang sering terjadi. Sehingga dengan persetujuan jembatan ini kembali dibangun dengan menunjuk seorang arsitek bernama Kolyu Ficheto. Kalyu ini akhirnya meminta bantuan para masyarakat kota Lovech untuk bisa membantu pembangunan untuk bekerja dan mencari dana pula. Sehingga pada tahun 1874, jembatan tertutup ini resmi dibangun dan menjadi jembatan unik yang berpenghuni. Namun jembatan tersebut juga sempat rusak karena terbakar habis oleh api pada tahun 1925. Dan akhirnya kini telah berdiri kembali jembatan baru yang lebih kokoh dan modern karay dari arsitek Kolyu Ficheto.

2. Ponte Veechio

 Foto Ponte Veechio oleh unik SegiEmpat
Jembatan senlanjutnya yang berpenghuni adalah jembatan yang terletak di Italia. Konon jembatan yang diberi nama Ponte Veechio ini sudah ada sejak tahun 1345 untuk menggantikan jembatan yang telah rusak karena banjir. Namun diceritakan pula bahwa jembatan ini mulai dijadikan kawasan hunian sejak abad pertengahan. Awalnya hunian yang ada di atas jembatan Ponte Veechio ini sebagian besar adalah bengkel dan pertokoan yang menjual daging dan tulang. Namun akhirnya pada tahun 1593, Duke Ferdinand I memutuskan untuk mejadikan jembatan Ponte Veechio ini sebagai hunian dari pertokoan souvenir dan perhiasan agar tidak menimbulkan limbah yang bau dan mengganggu masyarakat sekitar.

3. Pont de Rohan

 Foto Pont de Rohan oleh unik SegiEmpat
Perancis tidak hanya terkenal dengan menara Eiffel yang indah dan menawan, namun juga ada sebuah jembatan yang berpenghuni yang termasuk sebagai jembatan unik yang letaknya tepat di Landerneau. Jembatan yang diberi nama Pont de Rohan ini berdiri diatas sungai Elorn yang mulai dibangun dan diperbaiki pada tahun 1510. Kini hunian yang ada di atas jembatan ini adalah beberapa toko, gudang pengolahan hasil bumi dan berdiri pula sebuah penjara. Meskipun keadaan sungai Elorn yang lebih kotor dan tercemar dibanding masa lalu, namun tetap jembatan ini memiliki daya tarik yang besar bagi sebagian orang di dunia. sehingga banyak pula waisatawan yang sengaja mengunjungi Landerneau untuk melihat dan berjalan-alan diatas jembatan berpenghuni tersebut. Sungguh hal yang menyenangkan bukan.
SUMBER : http://unik.segiempat.com/unik/jembatan-jembatan-yang-dihuni-dengan-keunikan-tersendiri/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita