Rabu, 18 September 2013

Orang-Orang Tuna Netra yang Memiliki Kemampuan Hebat

Siapa bilang memiliki kekurangan fisik dapat menghambat aktivitas untuk berkreasi dan mengasah kemampuan individu? Jika masih banyak orang yang memiliki pemikiran demikian, maka seharusnya mereka mampu berkaca pad kemampuan para orang-orang tuna netra hebat berikut ini. Walaupun mata mereka tak senormal orang-orang pada umumnya, namun mereka dapat menunjukkan pada dunia bahwa cacat yang mereka miliki tak mengharuskan mereka untuk bersimpuh pada keputusasaan sehingga mereka hanya bisa mengandalkan belas kasih orang lain. Orang-orang berikut ini justru sangat menginspirasi semua orang, baik orang yang sama-sama memiliki kondisi seperti mereka ataupun kita yang memiliki kondisi yang jauh lebih baik dari mereka. Berikut kisah lengkapnya. Semoga menginspirasi.

1. Marla Runyan

Foto Marla Runyan Oleh Unik SegiEmpatFoto Marla Runyan Oleh Unik SegiEmpat
Sebuah musibah telah mengubah kehidupan seorang Marla Runyan saat usianya masih menginjak angka 9 tahun. Saat itu, ia tengah diderita sebuah penyakit bernama Stargardt yang menyebabkannya mengalami kebutaan. Namun kebutaan tersebut tak membuatnya berhenti sekolah. Sebab pada tahun 1987, ia terus melanjutkan studinya ke San Diego State University. Di sana, ia mulai memberanikan diri untuk beradu dalam beberapa kegiatan dalam bidang olahraga. Kerja kerasnya yang sungguh-sungguh lantas membuat prestasinya terus melejit hingga ia pun mampu meraih empat medali emas sekaligus di ajang Paralimpiade Musim Panas yang diselenggarakan pada tahun 1992. Prestasinya sebagai kelas dunia dimulai ketika ia ikut serta dalam Pan American Games pada tahun 1999 dan mampu memenangkan lomba lari 1.500 meter. Pada tahun 2000 Marla dipercaya untuk mengikuti Olimpiade Sydney dan menjadi atlet tuna netra pertama yang beradu dalam ajang Olimpiade.

2. Christine Ha

Foto Christine Ha Oleh Unik SegiEmpat
Siapa sangka jika pemenang MasterChef Amerika 2012 adalah seorang tuna netra bernama Christine Ha. Mungkin kedengarannya agak janggal, namun itulah kenyaatn yang dialami oleh wanita yang didiagnosis mengidap neuromyelitis optica yang menyebabkannya mengalami kehilangan penghilangan secara bertahap pada tahun 2004 tersebut. Keinginannya yang besar untuk menjadi seorang chef ia tunjukkan dengan bekerja keras dan terus melatih inderanya yang lain sehingga ia pun mampu mengendalikan rasa dan memasak dengan teknik yang benar. Christine mampu memenangkan tujuh kali challenges baik secara personal maupun kelompok selama 19 episode seri MasterChef 2012.

3. John Bramblitt

Foto John Bramblitt Oleh Unik SegiEmpat
Ketika usianya menginjak kepala tiga, John mengalami kehilangan penglihatan. Kondisi tersebut terjadi karena komplikasi epilepsy yang tengah ia alami. Kondisi tersebut membuat Bramblitt sangat terpukul. Ia begitu kehilangan harapan hidup bahkan mengalami depresi yang sangat berat. Namun beberapa waktu kemudian, ia kembali menemukan semangat hidupnya. John menciptakan sebuah metode melukis baru yang dapat membuatnya membuat suatu lukisan dengan mudah hanya dengan sentuhan. Metode tersebut ia ciptakan karena ia sama sekali tak dapat melihat warna. Dengan semangat dan tekad yang tinggi, John pun mampu membuahkan karya yang kini telah terjual di lebih dari 20 negara. Bahkan tak jarang ia muncul di berbagai media elektronik seperti radio dan TV ataupun diberbagai media cetak. Hebatnya lagi, karya John telah mendapatkan banyak penghargaan, yang salah satunya adalah “Most Inspirational Video of 2008” dari Youtube.

4. Mark Anthony Riccobono

Foto Mark Anthony Oleh Unik SegiEmpat
Mark merupakan pengemudi Ford Escpae pada tahun 2011 di Daytona International Speedway. Ia hanya memiliki kemampuan melihat sebesar 10 persen saat usianya baru menginjak 5 tahun. Kemampuan tersebut lantas menghilang secara total saat ia telah beranjak dewasa. Mark merupakan bagian dari program National Federation of The Blind. Ia berusaha membuat para tuna netra dapat menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat dan dapat mengemudi dengan aman karena adanya kecanggihan teknologi.
SUMBER : http://unik.segiempat.com/serial/orang-orang-tuna-netra-yang-memiliki-kemampuan-hebat/

0 komentar:

Posting Komentar

Update Terbaru

Blogger Widget Get This Widget -

Semua Ada di Sekitar Kita